Promosikan Usaha SPA, WN Australia Dideportasi

Singaraja, koranbuleleng.com| Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja mendeportasi seorang warga negara (WN) Australia berinisial JEDY, 31 tahun. WN tersebut didepak dari Bali, karena melakukan aktivitas kerja dengan visa kunjungan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Hendra Setiawan mengatakan pendeportasian itu dilakukan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa, 26 Maret 2024. JEDY menumpangi maskapai Jetstar dengan nomor penerbangan JQ 36 tujuan akhir Melbourne, Australia.

- Advertisement -

Hendra menyebut, JEDY dideportasi karena terbukti menyalahgunakan izin tinggal dengan melakukan promosi dan penawaran spa. Dimana saat masuk ke wilayah Indonesia pada Februari, dengan menggunakan visa kunjungan.

“Warga negara asing tersebut dideportasi lantaran terbukti melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin tinggalnya. Kegiatan promosi dilakukan yang bersangkutan sejak 12 Februari 2024 melalui Facebook,” ujar Hendra Rabu, 27 Maret 2024.

WN Australia tersebut kemudian diamankan petugas Inteldakim Imigrasi Singaraja pada Kamis, 22 Maret 2024 di wilayah Amed, Karangasem. JEDY sempat ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi Singaraja hingga waktu pendeportasian.

Dari hasil pemeriksaan petugas, JEDY diketahui masuk wilayah Indonesia pada 23 Februari 2024 JEDY telah bolak-balik ke Bali dan memiliki kekasih di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. “Dia sudah berulang kali masuk ke Bali dikarenakan punya pacar di wilayah Sanur, Denpasar yang kebetulan pacarnya asli Amed, Karangasem,” kata Hendra. 

- Advertisement -

Kata Hendra, usaha spa yang dipromosikan JEDY merupakan milik pacarnya. Karena menyalahgunakan izin tinggal itu, JEDY dianggap melanggar Pasal 75 ayat (1) jouncto Pasal 122 huruf a Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Atas dasar tersebut, terhadap warga negara asing tersebut dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa pendeportasian dan penangkalan,” ucapnya.(*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts