BPBD Lakukan Pemangkasan Pohon di Jalur Pancasari-Wanagiri

Singaraja, koranbuleleng.com| Sejumlah pohon besar yang berpotensi tumbang di sepanjang Jalan Pancasari-Singaraja, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, dipangkas untuk mencegah tumbang karena bencana, Kamis, 28 Maret 2024.  Cuaca yang buruk bisa memicu pohon tumbang yang membahayakan pengguna jalan.  

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, pemangkasan dilakukan terhadap ranting-ranting pohon yang tinggi. Sedangkan, pohon yang sudah kondisi rapuh langsung dilakukan penebangan. 

- Advertisement -

Ariadi menyebut, dalam kegiatan pemangkasan pohon tersebut, dilakukan mulai dari pertigaan Danau Buyan hingga pertigaan Desa Wanagiri. Sepanjang jalan tersebut, merupakan wilayah hutan dan lokasinya berada di ketinggian. “Pemangkasan dilakukan terhadap rating pohon yang tinggi dan menjulur ke jalan raya. Untuk pohon yang mati dan rapuh langsung di tebang. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak 26 Maret, hingga nanti 30 Maret 2024,” ujarnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan petugas BPBD Provinsi Bali, anggota TNI dan Polri serta aparat desa setempat.

Kapolsek Sukasada, Kompol I Made Agus Dwi Wirawan menghimbau masyarakat yang menggunakan jalan tersebut agar berhati-hati. Mengingat saat ini wilayah tersebut sering diguyur hujan, sehingga berpotensi terjadi pohon tumbang dan longsor. 

“Jalur tersebut berada pada kawasan hutan dan posisi tanahnya ada pada ketinggian yang pada saat terjadi hujan yang disertai angin, posisi tanah lembab dan labil sehingga dapat menyebabkan bencana pohon tumbang yang mengakibatkan kemacetan harus lalu lintas,” terang Agus Dwi. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts