Cegah Lonjakan DBD, Pemkab Buleleng Lakukan PSN dan Fogging Massal

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Kesehatan kabupaten Buleleng akan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan fogging massal di 15 Desa/Kelurahan. Hal ini dilakukan mengingat tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), yang mengakibatkan banyak masyarakat harus dirawat di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Buleleng, dr. Sucipto mengatakan PSN dan fogging massal di 15 desa/kelurahan itu, nantinya akan dilakukan secara bertahap. Dimana tahap awal akan dilakukan di empat desa/kelurahan di Kecamatan Buleleng, yakni Desa Anturan, Desa Pemaron, Desa Kalibukbuk, dan Kelurahan Banyuasri.

- Advertisement -

Sucipto menyebut, tingginya kasus DBD yang terjadi, akibat adanya musim hujan berkepanjangan. Peningkatan kasus pun disebut tidak hanya terjadi di Kabupaten Buleleng, melainkan juga terjadi di wilayah lain di Bali. “Saat ini curah hujan yang panjang dan dari pola sebelumnya di awal tahun memang terjadi peningkatan, bukan hanya di Buleleng saja tapi di hampir semua daerah terjadi peningkatan kasus,” ujar Sucipto, Rabu 24 April 2024.

Kata Sucipto, sebelum tingginya kasus yang terjadi saat ini. Pihaknya telah melakukan PSN dan fogging di sejumlah desa dengan kasus DBD tinggi. Nantinya, pihaknya pun akan melakukan PSN dan fogging kembali untuk desa/kelurahan di Kecamatan Buleleng yang memiliki kasus tinggi. PSN dan fogging massal itu pun, rencananya akan mulai dilakukan pada Jumat, 26 April 2024.

“Sebenarnya ada beberapa desa yang tinggi kasusnya dan sudah kita lakukan. Ini yang di daerah Kecamatan Buleleng yang kasusnya agak tinggi,” kata dia. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts