Ildar Mengaku Terpeleset Hingga Terjatuh ke Jurang

Karangasem | Ildar Mirgazov, pendaki asal Rusia yang sudah ditemukan di jurang berkedalaman 25 meter ini mengaku terpeleset hingga dia terjatuh. Dia berhasil ditemukan saat memberikan tanda cahaya dari senter yang dibawanya sehingga terlihat oleh tim pencarian.

Menurut cerita Ildar, Dia berangkat mendaki melalui jalur Amed dan naik di Dusun Kedampal tanpa mengajak pemandu. Medan pendakian sangat terjal sehingga harus merayap sampai ke atas puncak.

- Advertisement -

“Saya mendaki lewat sisi timur gunung dan naik dengan merayap namun ketika melihat turun ternyata sudah tinggi dan terjal saya diam dan menyisir lewat pungung gunung. Tapi saya terpeleset lalu terjatuh. “ ujar Ildar usai dievakuasi, Sabtu (12/3) dinihari tadi. Ildar juga langsung mendapatkan pemeriksaan medis dari tim medis Puskesmas Kubu, Karangasem.

Kapolres Karangasem, AKBP Sugeng Suharso mengungkapkan Ildar berhasil dievakuasi oleh tim Basarnas dan aparat Kepolisian bersama warga sekitar dengan berbagai upaya cukup keras. Dia ditemukan di sisi sebelah utara Gunung Agung, sekitar 500 meter dari Puncak Gunung Agung.

Saat ditemukan, Korban dalam kondisi sangat lemas dan kakinya sudah tidak mampu berjalan karena kelelahan. Dia berhasil bertahan di atas ketinggian 2.500 dengan berbagai keterbatasan peralatan.

Untuk mengevakuasi korban, tim sempat berusaha mencari jalur yang lebih aman. Awalnya jalur dari Dusun Bong namun akhirnya diputuskan berpindah ke Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem.

- Advertisement -

“Ya syukurlah pagi ini kita berhasil evakuasi korban dan kita berikan layanan pemeriksaan medis. Setelah kesehatannya stabil kita akan mintai informasi terutama soal jalur pendakiannya. Ini Penting supaya menjadi bahan untuk sosialisasi jalur kepada pendaki lainnya agar tidak ada lagi pendaki yang membahayakan diri,” ujar Sugeng.

Ildar Mirgazov sebelumnya melakukan pendakian di Gunung Agung sejak tanggal 6 maret 2016, namun pada tanggal 9 maret 2016 Dia sempat mengabarkan kepada teman wanitanya kalau Dia terjatuh ke jurang. Keesokan harinya, teman wanita Korban baru bisa melporkan ke Basarnas Bali hingga dilakukan pencarian. |PW|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts