Bantuan Hibah Sepeda Motor Digelontor Untuk Klian Subak

Singaraja, koranbuleleng.com| Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana membayar janjinya untuk memberikan bantuan hibah sepeda motor kepada kelian subak di Kabupaten Buleleng untuk menunjang operasional para klian subak dalam berperan serta membangun program pertanian Pemkab Buleleng mulai tahun 2018.

Janji pemberian sepeda motor ini juga sempat diungkapkan Putu Agus Suradnyana saat menjadi pasangan calon bupati pada masa kampanye pilkada Buleleng 2017.

- Advertisement -

Pemkab Buleleng melalui Dinas Kebudayaan memberikan bantuan hibah berupa sepeda motor kepada klian subak, klian subak abian, klian banjar adat, dan Majelis Alit Desa Pakraman (MADP) di Gedung Sasana Budaya Singaraja, Kamis 16 Maret 2017.

Bantuan hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana,yang didampingi oleh Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, Sekkab Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP, Ketua Komisi IV DPRD Buleleng, Ketut Wirsana, SH dan kepala OPD lingkup Pemkab Buleleng. Selain kepada klian Subak, Majelis Alit Desa Pekraman juga diberikan bantuan hibah yang sama.

Menurut Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan pemberian bantuan hibah ini bertujuan untuk mempermudah gerak dan juga koordinasi antar klian subak serta untuk mengembangkan dan memberdayakan kelompok-kelompok subak tersebut.

“Sesuai dengan program pemerintah yang saya canangkan bahwa kita akan fokus di pertanian. Penyerahan bantuan hibah berupa sepeda motor ini untuk mempermudah dan mempercepat gerak mereka,” ujarnya.

- Advertisement -

Bupati asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar ini juga meyakini betul untuk memperbaiki sector pertanian memerlukan upaya yang terstruktur, sistematis, dan terintegrasi. Terintegrasi artinya bagaimana kesiapan anggaran OPD terkait untuk memberikan edukasi dari hulu sampai hilir dalam bidang pertanian ini.

Nantinya, kata Bupati, para klian subak akan diundang untuk berdiskusi di masing-masing kecamatan untuk membahas sektor pertanian secara mendalam. “Kita akan bahas dan diskusikan potensi pertanian masing-masing kecamatan. Istilah kerennya one village, one product,” ungkap Bupati PAS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, I Putu Tastera Wijaya menjelaskan sebanyak 535 unit sepeda motor diberikan pada saat penyerahan. Pemberian bantuan hibah sepeda motor tersebut diberikan kepada Majelis Alit Desa Pekraman (MADP) sebanyak enam unit, klian banjar adat 14 unit, klian subak abian 209 unit, dan klian subak 306 buah.

Pemberian hibah yang berasal dari dana APBD sebesar hampir Rp. 8 Milyar ini bertujuan untuk memperlancar dan mempercepat gerak koordinasi.

“Pemberian hibah ini tidak ada kaitan dengan politik. Tujuannya untuk kelancaran koordinasi, rapat-rapat dan mempermudah operasional dalam rangka meningkatkan sector pertanian. Pembagiannya juga bertahap,” tutupnya.|NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts