BEE Gelar LCC Asah Kemampuan Akademik Siswa

Singaraja, koranbuleleng.com | Lomba Cerrdas Cermat atau LCC digelar dalam Buleleng Education Expo (BEE) III di Gedung Kesenian Gede Manik, Rabu 13 Juni 2018.   LCC melibatkan antar SMP se-Kabupaten Buleleng dan ini baru pertama kali digelar dalam BEE. LCC diselenggarakan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan akademik siswa.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Dr. Made Sedana, S.Pd.,M.Pd menjelaskan LCC ini pertama kali dilakukan dalam ajang BEE ini.

- Advertisement -

LCC tingkat SMP ini diikuti oleh 10 sekolah yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan. Setiap kecamatan menyelenggarakan seleksi dan mengirim satu wakilnya. Khusus untuk Kecamatan Buleleng, karena sekolahnya banyak mengirim dua wakilnya.

“Total ada 10 peserta. Masing-masing lima regu masuk semifinal dan empat terbaik akan diadu di final,” jelasnya.

Untuk menjaga independensi, soal-soal yang diajukan pada LCC ini berasal dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali. Para panitia LCC dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng tidak boleh membuka soal tersebut. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan soal tersebut dan menjaga kredibilitas dari LCC ini.

“Soal dari LPMP Bali. Kita tidak boleh membukanya. Artinya kita sama sekali tidak mengetahui isi soal tersebut,” ujar Made Sedana.

- Advertisement -

Made Sedana juga mengatakan soal-soal ini tidak hanya dari soal sains semata. LCC ini juga mengandung hal-hal non akademis seperti menulis aksara Bali dan ngulat ketipat sebagai soal prakteknya. Dua kegiatan tersebut sebagai wujud dari tema besar BEE tahun ini yaitu “Berpikir Global, Berperilaku Lokal,”.

Kolaborasi ini bisa menjadikan siswa tidak hanya berpikir secara global namun juga bisa menguasai hal-hal yang bersifat kearifan lokal.

“Kita kolaborasikan antara sains dan juga kearifan lokal agar siswa juga menguasai adat dan budaya lokal sesuai dengan tema BEE tahun ini,” ungkap peraih gelar Doktor kedua di lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng ini.

Dirinya menambahkan, sebagai kegiatan yang pertama kali dilakukan, LCC ini akan dievaluasi nantinya. Ke depan, kegiatan LCC juga akan diselenggarakan setiap tahun dalam ajang BEE. Selain itu, lomba LCC juga tidak memiliki jenjang perlombaan. Jadi, hanya perlombaan yang diselenggarakan serangkaian BEE saja.

“Kita akan adakan setiap tahun untuk memeriahkan BEE,” pungkas Made Sedana. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts