Burdah dan Barongsai Tampil di Bulfest

Singaraja, koranbuleleng.com | “The Spirit of Pluralis” menjadi tema Buleleng Festival tahun 2018 ini. Semangat keberagaman, seperti itulah diartikan oleh kebanyakan warga di Buleleng.  Buleleng adalah salah satu daerah yang punya berbagai keragaman seni budaya serta pergaulan kehidupannya.

Dari tema yang diusung dengan konsep keragaman ini, Bulfest tahun ini akan menyajikan pertunjukan seni budaya yang berakar dari keberagaman seni dan budaya. Salah satunya nanti, akan dipentaskan kesenian Burdah dari Desa Pegayaman.

- Advertisement -

Kesenian Burdah ini juga baru-baru ini tampil di Pesta Kesenian Bali ke-40 sebagai duta Kabupaten Buleleng. Pertunjukkan seni Burdah dari kelompok Seni Burdah Burak Desa Pegayaman ini menyajikan seni kekdiungan yang syairnya diambil dari ayat-ayat suci Albarsanji.

Bukan hanya seni suara untuk melantunkan ayat-ayat suci itu, kesenian Burdah ini juga menampilkan atraksi seni pencak silat khas Desa Pegayaman, yakni Silat Bletbet. Bletbet adalah senjata dalam bentuk tongkat yang dimainkan dalam silat itu.

Kepala Bidang Kesenian Wayan Sujana mengatakan, selain kesenian Burdah ada lagi kesneian lain yang menggambarkan keberagaman. Seni dari latarbelakang perbedaan budaya ini akan ditampilkan dalam parade pembukaan Bulfest tahun 2018.

Akan juga menampilkan atraksi Barongsai. Kesenian khas Tionghoa. Warga Tionghoa di Buleleng sudah hidup dan berada di Buleleng sejak lama sehingga keterikatan dengan warga Bali lainnya seakan tanpa batasan. Dalam setiap acara perayaan Imlek, Barongsai juga selalu ditarikan.

- Advertisement -

“Saat pembukaan akan diawali Tari Legong yang dibawakan Sanggar Manik Utara, kemudian diikuti dengan pementasan seni dari empat etnis tersebut dan dituutp dengan penampilan penabuh Adi Merdangga dari Kecamatan Busungbiu,” jelasnya.

Di sisi lain Sujana mengatakan, tidak cukup seni tradisional untuk mempertontonkan spirit keberagaman. Untuk itu, arena pameran selama Bulfest digelar, semua ragam resep masakan tradisional khas Buleleng akan diberikan ruang untuk berpameran. Resep masakan tradisional khas Buleleng juga akan disajikan. |np|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts