Buleleng Raih Penghargaan Daerah Peduli HAM

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng meraih penghargaan sebagai daerah yang peduli terhadap HAM (Hak Azasi Manusia) yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan peduli HAM ini adalah yang kedua kali diterima oleh Pemkab Buleleng.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly dalam puncak Peringatan Hari HAM Dunia ke-70 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta Selasa 11 Desember 2018. Hadir dalam pemberian penghargaan itu Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla.

- Advertisement -

Kabupaten Buleleng termasuk satu diantara 409 kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan ini. Buleleng diangap berpartisipasi aktif dalam pencapaian pemenuhan HAM. Kemenkumham melihat Buleleng mampu memenuhi hak-hak dasar masyarakat diantaranya hak atas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, pekerjaan serta rumah layak huni.

“Bahwa keberhasilan ini berkat kerja nyata dan kerjasama semua jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dan seluruh stakeholder terkait,” kata Arya Sukerta yang menerima penghargaan mewakili Kepala Daerah Kabupaten Buleleng.

Menurutnya, penghargaan yang diterima Buleleng dibidang HAM sejalan dengan konsentrasi kebijakan Pemkab Buleleng yang berfokus pada pelayanan dasar.

Pelayanan dasar diantaranya peningkatan indeks pembangunan manusia atau peningkatan sumber daya manusia.

- Advertisement -

“Indeks ini merupakan kumulatif dari indikator pelayanan kesehatan, pendidikan, dan daya saing masyarakat.” terangnya.

Arya juga mengatakan penghargaan akan menjadi kebanggaan sekaligus motivasi bagi jajaran Pemkab Buleleng untuk terus fokus dan konsisten bekerja dalam pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat Buleleng.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla mengucapkan selamat kepada seluruh daerah tingkat provinsi maupun kabupaten yang menerima penghargaan sebagaid aerah yang peduli HAM.

“Penghargaan kepada daerah peduli HAM bertujuan memotivasi pemerintah kabupaten/kota melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM,” ujar Wakil Presiden. |NP/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts