Bunda PAUD Dorong Pendidikan Karakter Berkualitas

Singaraja, koranbuleleng.com | Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah kebutuhan bagi anak-anak usia 0-6 tahun saat ini. Dalam PAUD, anak-anak yang termasuk dalam golden period (periode emas) itu lebih banyak memperoleh pendidikan karakter. Untuk itu perlu adannya pendidikan karakter yang berkualitas demi terwujudnya generasi yang cerdas sekaligus berkepribadian baik.

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Gusti Ayu Aries Sujati Suradnyana dalam program Dialog Pagi pada salah satu stasiun radio kesayangan masyarakat Singraja yaitu Radio Guntur. Selasa (12/2). Menurutnya, anak-anak yang masuk dalam golden period tersebut memiliki daya tangkap yang sangat besar. Sehingga dengan demikian harus diberikan asupan prilaku hanya yang baik-baik saja.

- Advertisement -

“Mereka akan menyimpan itu (perilaku baik) dalam otaknya, sehingga nantinya mereka akan tumbuh menjadi anak yang baik juga. Sekaranglah saatnya kita memberikan pendidikan karakter melalui PAUD-PAUD yang ada di Kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Lebih lanjut istri Bupati Agus Suradnyana ini menerangkan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memasyarakatkan dan memaksimalkan PAUD di Buleleng. Salah satunya adalah dengan menjadikan PAUD atau TK yang selama ini dikelola oleh swasta melalui yayasan dialihkan statusnya menjadi negeri.

Dilihat dari angka Partisipasi Kasar (APK) saat ini sudah meningkat, sekarang angkanya sudah mencapai 75,09% dari yang sebelumnya di tahun 2012 berada pada angka 65%. Sehingga untuk melakukan pengalihan status menjadi negeri, Tim dari Bunda PAUD tentu akan melaksanakan pengkajian-pengkajian. Adapun langkah awalnya yaitu dengan menyarankan kepada PAUD-PAUD yang di desa untuk menyerahkan asetnya kepada pemerintah. “Namun, perlu diketahui sampai saat ini telah ada 25 TK negeri dan 1 kecamatan yang belum berubah statusnya menjadi negeri yaitu kecamatan Sawan yang dikarenkan belum menyerahkan asetnya tersebut”, tambahnya.

Sementara itu ketika ditanya terkait metode pembelajaran yang diberikan, Ny. Aries menjelaskan bahwa untuk saat ini PAUD memilik metode pembelajaran yang menekankan pada permainan, dan telah didukung dengan beberapa alat penunjang. “Seperti halnya Alat Permainan Edukatif (APE), ada permainan puzzle, dan ada  juga  alat-alat yang dapat melatih motorik kasar anak-anak seperti  ayunan, jungkat-jungkit dan lainnya”, pungkasnya. |r|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts