Mahasiswa Peserta PKL dan PPL Luar Negeri Dibekali Pelatihan Kepemimpinan

Singaraja, koranbuleleng.com | Sejumlah mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yangakan mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Pengalamam Lapangan (PPL) ke Luar Negeri mendapatkan pembekalan dan pelatihan kepemimpinan, Selasa 30 Juli 2019.  Pembekalan dan pelatihan itu dalam format outbond dengan mengambil lokasi di Desa Menyali, Kecamatan Sawan.

Outbond dalam pelatihan kepemimpinanin sekaligus untuk menggembleng mental dan fisik dari mahasiswa yang ikut program ini.

- Advertisement -

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Prof. Dr. AAIN. Marhaeni, M.A menjelaskan mahasiswa yang ikut program PP dan PKL ke Luar negeri ini berangkat secara bertahap pada bulan Agustus sampai September 2019. Negara yang dituju yakni Vietnam, Philipina, Thailand dan Malaysia.

Pembekalan dan Pelatihan ini akan memberikan kebiasaan dan pola adaptasi serta interakasi sosial dengan berbagai pihak dari berbagai negara. Termasuk nantinya, mahasiswa yang ikut program juga akan mengenal dan memahami budaya dari lintas Negara. 

“Pembelakan ini sangat penting karena isinya antara lain adalah pesan-pesan dan orientasi bagaimana mereka ketika ada di luar negeri. Mereka ketemu dengan banyak orang yang berbagai negara,” ungkapnya.

Marhaeni menyampaikan mahasiswa itu diberikan pemahaman dalam berkolaborasi, saling berempati, bersimpati, hidup dalam kelompok, bertoleransi, dan bagaimana memahami pentingnya kehadiran orang lain dalam kehidupannya. “Harapannya melalui ini, mahasiswa benar-benar siap secara mental dan fisik untuk melakukan PPL dan PKL,” katanya.

- Advertisement -

Berdasarkan hasil seleksi, dari 268 orang pendaftar, terdapat 65 mahasiswa yang lolos mengikuti program itu. Melihat peminat yang cenderung meningkat setiap periode, Undiksha terus berupaya mengembangkan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di negara lain.

Program PKL dan PPL Luar Negeri ini, sambung Marhaeni tidak hanya untuk menambah pengalaman mahasiswa, tetapi sebagai salah satu bagian dari internasionalization at home yang telah dicanangkan Rektor Undiksha tahun 2019. Selain memberangkatkan, Undiksha juga menerima program PKL dan PPL mahasiswa dari luar negeri. “Perguruan tinggi yang diajak kerjasama juga mengirimkan mahasiswa ke Undiksha. Itu sudah berjalan. Pada intinya ingin memberikan pengalaman yang maksimal untuk mahasiswa,” imbuhnya.

Salah satu mahasiswa, Ni Wayan Ernis Murdiani merespon positif kegiatan tersebut karena diyakini akan memberikan manfaat yang penting sebagai bekal ketika telah lulus menempuh pendidikan tinggi. “Orangtua juga mendukung untuk ikut program ini,” ucapnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts