Balawa Bergerak Bersihkan Sampah

Singaraja, koranbuleleng.com| Warga di Banjar Dinas Lambo, Desa Pedawa bersiap untuk melakukan penanganan sampah secara berkelanjutan. Salah satu upayanya, pendirian Bank Smapah Balwa oleh komunitas Balawa di banjar dinas itu.

Komitmen itu juga diwujudkan dalam sebuah diskusi untuk nencari solusi atas permasalahan sampah yang menjadi permasalahan mendasar dalam menjaga lingkungan yang bersih. Diskusi digelar beberapa hari lalu dihadiri langsung oleh Kadis Lingkungan Hidup, Putu Ariadi Pribadi, Sekcam Banjar, Cok Aditya WP, Komunitas E-Darling, serta tokoh masyarakat dan juga pemrakarsa pelestarian lingkungan di Bali Aga, Wayan Ariawan. 

- Advertisement -

Dalam diskusi itu, Ketua Komunitas Balawa Desa Pedawa, Kecamatan Banjar Arya Kekan menyampaikan komitmen Komunitas Balawa untuk aktif dalam hal menjaga kelestarian lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah di Desa Pedawa.

“Jadi kami bergerak mandiri, karena kita sadar lingkungan milik kita, maka harus berbuat maksimal. Saya akan wujudkan apa yang menjadi kewajiban kami untuk perduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLH Buleleng Ariadi Pribadi mengapresiasi keberadaan Komunitas Balawa. Ia bahkan sengaja datang untuk memberikan dukungan atas langkah yang telah diambil. Apalagi selama perjalanan, Ia benar-benar melihat komitmen warga, karena minimnya sampah plastic yang berserakan.

Ia bahkan berjanji akan membantu memberikan sarana dan prasarana jika komitmen untuk menjaga lingkungan ini dilaksanakan secara berkesinambungan.

- Advertisement -

“Mudah-mudahan kegiatan ini berkelanjutan, dan kami berupaya mensuport sarpras, mengusulkan mobil pickup, dengan komiten penanganan sampah berbasis sumber berkelanjutan dilaksanakan. Sehingga kita bersama menjaga lingkungan tetap asri dan tidak ada sampah plastik,” katanya. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts