SMAN 1 Banjar Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Singaraja, koranbuleleng.com | Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.  

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Kepala SMA N 1 Banjar, Drs. I Made Ngawi, bertempat di Gedung Manggala Wana Bakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jumat 13 Desember 2019.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala SMA N 1 Banjar, Drs. I Made Ngawi menjelaskan selama ini pembinaan Adiwiyata Mandala dilakukan secara terjadwal serta komprehensif di semua indicator. Pembinaan dilakukan oleh Tim Adiwiyata Kabupaten Buleleng dan DLH Kabupaten Buleleng.

Indikator pembinaan yakni indikator fisik maupun administrasi untuk mengedukasi, memfasilitasi dan memberikan pendampingan berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Akhirnya pada proses evaluasi Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) Tahun 2019 yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penghargaan tertinggi Adiwiyata diraih oleh SMA N 1 Banjar.

“Kami berharap penghargaan Adiwiyata Mandiri ini dapat menjadi sekolah yang benar-benar peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan,” terang Ngawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S.STP.,.MAP yang juga selaku pembina calon sekolah adiwiyata mandiri mengatakan Pemkab Buleleng melakukan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup.  

- Advertisement -

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini, kata Ariadi sebagai pembuktian bahwa Buleleng melkauan upaya pembinaan pelestarian lingkungan hidup dari segala lini. 

Perbaikan lingkungan tidak hanya di lingkungan masyarakat saja, namun penanganan sampah serta edukasi tentang pelestarian lingkungan juga perlu diterapkan di sekolah-sekolah, agar siswa siswi dapat menularkan hal positif bagi masyarakat luas. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts