DLH Siagakan Petugas Kebersihan Pantai

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng menyiagakan petugas kebersihan di sepanjang areal pantai di Banyuning hingga pantai Lovina Singaraja untuk menjaga kebersihan pantai. Jumlah personil yang disiagakan sebanyak 34 orang petugas.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng Putu Ariadi Pribadi menjelaskan, petugas kebersihan ditempatkan dari kawasan Pura Segara Pantai Kubujati, Kelurahan Banyuning, hingga Kawasan Wisata Pantai Lovina, Singaraja.  

- Advertisement -

Upaya tersebut juga telah dikomunikasikan dengan Pemerintah Desa Dinas dan desa adat yang mewilayahi pantai. Sehingga terjadi sinergitas untuk penanganan sampah untuk menjaga kebersihan pantai. Petugas kebersihan yang disiagakan ini melaksanakan tugas selama empat jam yakni sejak pukul 07.00 wita-11.00 wita.

“Mereka bertugas melakukan penyapuan dan pengumpulan sampah yang terdampar di pantai. Setelah sampah terkumpul, barulah dilakukan pemilahan,” jelasnya.

Sampah yang mempunyai nilai ekonomi, dikumpulkan dan disetorkan ke bank sampah unit masing-masing. Sedangkan sampah yang tidak mempunyai nilai ekonomi (residu, red) dikumpulkan pada satu tempat untuk diangkut dan dibawa ke TPA Bengkala.

Pun demikian, petugas kebersihan ini juga nantinya melakukan pembersihan pada sungai yang ada di bibir pantai. Mengingat, kebanyakan sampah yang ada di pantai, sumbernya dari sungai yang hanyut terbawa air dari hulu. Terlebih lagi masih ditemukan oknum masyarakat dengan perilaku yang sering membuang sampah ke sungai.

- Advertisement -

“Ada beberapa sungai yang masih kotor karena digunakan untuk membuang sampah, itu kita melakukan kegiatan pembersihan dengan menempatkan beberapa petugas. Sehingga sampah dari sungai tidak langsung ke pantai,” tegas Ariadi. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts