Satu Pasien Baru Terkonfirmasi Positif, Tiga Orang Sembuh

Singaraja, koranbuleleng.com| Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Kabupaten Buleleng mencatat ada satu pasien baru yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID 19. Namun Gugus Tugas juga melaporkan ada tiga pasien yang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari Rumah Sakit.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng Gede Suyasa pasien yang terkonfirmasi positif COVID 19 diidentifikasi dengan kode PDP 61. Pasien ini tinggal di wilayah Kecamatan Gerokgak.

- Advertisement -

Dijelaskan jika PDP 61 ini merupakan pasien Non PMI. Pasien tersebut diketahui pernah melakukan kunjungan ke Desa Bondalem yang merupakan daerah terjadinya kasus transmisi lokal di Kabupaten Buleleng. Namun pasien ini, setelah datang dari Desa Bondalem sudah sempat melakukan karantina mandiri. Nah untuk memastikan kondisinya benar-benar pasien tersebut pun kemudian memeriksakan diri.

“Pasien dua kali menjalani pemeriksaan swab. Swab pertama hasilnya negatif, dan swab yang kedua hasilnya positif,” jelas Suyasa.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan tim pengawasan, pasien tersebut belum mengingat secara pasti kapan Ia berkunjung ke Desa Bondalem. “Tim akan melakukan penelusuran terhadap warga yang pernah melakukan kontak erat dengan PDP 61,” imbuh Suyasa.

Selain adanya pasien terkonfirmasi positif COVID 19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng juga mencatat ada tiga pasien yang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dari Rumah Sakit. Pasien trsebut masing-masing PDP 21, PDP 44, dan PDP 47. Ketiganya dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil pemeriksaan swabnya negative berturut-turut.

- Advertisement -

Kemudian, dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga dipulangkan yakni PDP 56 dan PDP 60. Kedunya sebelumnya menjalani perawatan karena dalam kondisi sakit dengan gejala mirip dengan COVID 19. Hanya saja setelah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali, kedua hasil swabnya menunjukkan negative. Sehingga kedua pasien tersebut bukan pasien terkonfirmasi COVID 19.

Berdasarkan data itu, kini jumlah pasien terkinfirmasi positif yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas Kecamatan Sawan berjumlah 11 orang, sedangkan pasien yang dirujuk ke Denpasar berjumlah 5 orang. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts