Tingkat Kesembuhan Pasien COVID 19 Capai 91 Persen

Sekda Buleleng/Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng, Gede Suyasa |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com| Pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID 19 di Kabupaten Buleleng terus bertambah. Sampai dengan Selasa, 16 Juni 2020, dari jumlah kumulatif kasus pasien terkonfirmasi positif sebanyak 83 orang, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 76 orang.

- Advertisement -

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng pada selasa, 16 Juni 2020, sebanyak dua pasien kembali dinyatakan sembuh dari COVID 19. Kedua orang itu masing-masing PDP 86 dan PDP 97.

Untuk PDP 86 telah menjalani perawatan selama 11 hari dan menjalani pemeriksaan swab sebanyak tujuh kali, dimana hasil swab ke-enam dan ke-tujuh dinyatakan negatif. Sementara untuk PDP 97 telah menjalani perawatan sejak Rabu, 10 Juni 2020 dan sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang pada Senin, 15 Juni 2020. PDP 97 sudah menjalani pemeriksaan swab sebanyak empat kali.

“Kami harap ini terus berkurang sampai dengan titik nol. Kalau melihat data, maka kami memiliki tingkat kesembuhan di atas 91 persen,” jelas Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng sekaligus Sekda Buleleng Gede Suyasa.

Di sisi lain, Gugus Tugas Buleleng hingga kini masih menunggu secara resmi obat COVID 19 yang ditemukan peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Hasil penelitian itu bahkan telah diumumkan Gugus Tugas Nasional, melalui kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beberapa hari lalu.

- Advertisement -

“Kami masih menunggu hasil rekomendasi dari gugus tugas nasional maupun provinsi. Apakah obat itu direkomendasikan untuk obat pasien terkonfirmasi. Karena semua obat yang digunakan untuk treatment pasien terkonfirmasi, harus ada rekomendasi dari tim kesehatan. Kami tidak akan melakukan spekulasi terkait itu,” kata Suyasa.

Selain mencatat kesembuhan pasien, Gugus Tugas juga mencatat adanya penambahan satu kasus baru terkonfirmasi positif. Pasien tersebut diidentifikasi dengan PDP 101 dari wilayah Kecamatan Buleleng. Dari hasil penelusuran Tim Surveillance PDP 101 terpapar COVID 19 karena melakukan kontak erat dengan PDP 100. Terlebih lagi diantara keduanya masih dalam lingkungan kerabat.

Berdasarkan data tersebut, secara kumulatif kasus COVID 19 di Kabupaten Buleleng mencapai 83 kasus. Sebanyak 76 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Kini masih ada tujuh orang pasien yang menjalani perawatan. Sebanyak lima orang diantaranya dirawat di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas Kecamatan Sawan, dan dua orang lainnya dirawat di Kota Denpasar. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts