Distan Buleleng Siapkan 60 ribu Vaksin Rabies

Vaksinasi rabies |FOTO : EDY NURDIANTORO

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pertanian  Kabupaten Buleleng menyiapkan stok sebanyak 60 ribu vaksin rabies untuk mencegah anjing terjangkit rabies. 

- Advertisement -

Kepala Bidang dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng I Made Suparma menegaskan vaksin rabies tersebut siap digunakan.

Suparma mengatakan, meskipun anggaran sangat terbatas, tim tetap diterjunkan secara terbatas bekerja sama dengan pihak tertentu melakukan vaksinasi ke desa-desa dengan cara menempatkan pusat vaksinasi di satu tempat. 

Sejak bulan Maret 2020 lalu Vaksin yang dilakukan berbeda, pihaknya menentukan tempat yang selanjutnya warga yang ingin vaksin hewan peliharaannya langsung datang ke tempat tersebut.  

“Jadi kita sediakan tempat, nanti warga yang mempunyai anjing ke lokasi. Koordinasi dilakukan dengan perbekel setempat agar tidak dibilang illegal,” imbuhnya.

- Advertisement -

Sementara itu, zona merah rabies terdapat di beberapa desa di  Buleleng bagian barat. Diantaranya  desa Pejarakan, Sumberkima,  Pemuteran dan Banyupoh.  

“ Jika ada gigitan anjing rabies agar melapor ke kami, sehingga kami bisa langsung turun ke lokasi. Kita upayakan semaksimal mungkin. Karena tim kita dulu sudah tidak ada dana jadi kita upayakan semaksimal mungkin” sambungnya

Pihaknya pun berharap kepada masyarakat yang ingin memvaksin hewan peliharaan, agar datang ke kantor Dinas Pertanian. 

“Kami berharap kalau yang vaksinasi hewan datang kesini, karena disini sudah kita sediakan vaksinnya” harapnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts