Gedung MDA Buleleng Dibangun, Bupati Harapkan Taksu Bali Terjaga

Singaraja, koranbuleleng.com | Gedung Majelis Desa Adat Kabupaten Buleleng sudah mulai dibangun. Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melakukan peletakan batu pertama di area pembangunan yang berlokasi di Jalan Ratna, Kelurahan Banyuasri, Singaraja, Kamis 10 September 2020.

Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengharapkan Majelis Desa Adat (MDA) mampu menjaga kearifan lokal Bali agar tatanan kehidupan Bali tetap terjaga dengan baik dan bisa diwariskan ke generasi penerus. Pembangunan gedung Majelis Desa Adat Buleleng diharapkan bisa menjadi wadah bagi lembaga adat di Bali untuk menyatukan persepsi dan menjalankan fungsinya dalam menjaga taksu Bali.

Menurut Agus Suradnyana  setelah gedung MDA Buleleng rampung, pemerintah desa adat diminta untuk lebih mengoptimalkan tugas dan tanggung jawabnya dalam mempertahankan nilai-nilai adat serta budaya di Buleleng.  Seperti diketahui, saat ini di beberapa daerah juga sudah dipengaruhi oleh budaya asing yang dapat mempengaruhi nilai kearifan lokal.  

- Advertisement -

“Peran desa adat ini juga dapat memperkuat upaya pelestarian seni, budaya dan adat istiadat di Buleleng. Sehingga kearifan lokal harus benar-benar kita jaga,” jelas Agus saat mendampingi Gubernur Bali Wayan Koster melakukan peletakan batu pertama, Kamis 10 September 2020.

Sementara itu, Gubernur Wayan Koster mengatakan pembangunan gedung MDA di Buleleng ini merupakan yang ketujuh dari sembilan Kabupaten/Kota di Bali.  

Pembangunan ini menggunaka anggaran CSR  BUMN senilai Rp3 miliar. Pembangunan ini ditargetkan rampung pada Desember 2020 mendatang. Pembangunan kantor MDA di setiap kabupaten/kota ditujukan untuk melakukan pembinaan, pengawasan, dan pemberdayaan desa adat sebagai implementasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat. “Ini harus dijalankan untuk memperkuat kedudukan, kewenangan, tugas dan fungsi desa adat di Bali,” katanya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts