More

    Mahasiswa Penting Beroganisasi dan Gali Pengalaman Luar Kampus

    Dr.Aqua Dwipayana (tengah) bersama Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd |FOTO : Istimewa|

    Singaraja, koranbuleleng.com| Pakar Komunikasi, Dr. Aqua Dwipayana mengajak mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk mencari pengalaman organisasi dan pengalaman luar kampus, seperti magang di suatu lembaga. Pengalaman ini penting untuk peningkatan kualitas diri sehingga dalam satu waktu bisa mencuri “start” dari orang lain dalam meniti karir.

    Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menghadirkan Pakar Komunikasi, Dr. Aqua Dwipayana dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru untuk memberikan kuliah umum komunikasi dan motivasi melalui webinar, Jumat 11 September 2020.

    “Pengalaman itu penting, ketika kita magang, serius, tekuni, pelajari, dalami ilmunya, dan kemudian diakhir magang jangan lupa kita meminta sertifikat. Ini penting. Saya selalu katakan magang ini adalah upaya kita mencuri start dibandingkan dengan teman-teman yang lain,” terang Aqua.

    Pandangannya tentang pentingnya magang tidak dapat dilepaskan dari kondisi perusahaan saat ini, termasuk di Indonesia, mulai dari skala kecil hingga besar menjadi pengalaman sebagai indikator dalam penerimaan tenaga kerja. “Saat melakukan tes wawancara, pertanyannya adalah kamu sebagai sarjana baru punya pengalaman apa. Kalau kita tidak punya pengalaman apa-apa, pasti terjadi kesedihan yang mendalam, kekecewaan yang luar biasa,” tuturnya.

    Menurutnya, mahasiswa ada kewajiban untuk belajar secara formal. Namun secara informal juga perlu mengembangkan kemampuan komunikasi yang dapat menjadi jembatan untuk memperlancar perkuliahan. Tidak kalah penting lagi, mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk menjalin relasi. “Dan saya pengen juga menegaskan kepada adik-adik, satu hormati dosen kita. Biasanya orang-orang sukses selalu menghormati guruanya. Kita juga harus berempati,” kata Aqua Dwipayana.

    Aqua juga mengucapkan selamat bagi mahasiswa sebagai Ganesha Muda telah diterima menjadi bagian dari kampus seribu jendela ini. Dia mengajak mahasiswa baru Undiksha tetap bersyukur karena telah diterima sebagai bagian dari civitas Undiksha.

    “Saya selalu menyampaikan kepada mahasiswa, dimanapun kita berada, dimanapun kita kuliah, di fakultas dan jurusan apa, yang bertama adalah syukur dan kita harus totalitas belajar. Maksudnya apa, ketika kita sudah memilih jurusan atau fakultas, yakini itu adalah yang terbaik buat kita,” ujar Aqua, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini.

    Sementara itu, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan kehadiran pakar komunikasi dari Sumatera ini memang diminta secara khusus untuk memberikan semangat kepada mahasiswa yang disebutnya sebagai Ganesha muda.

    “Saya berharap dengan gugahan beliau, mahasiswa baru bisa selesai studi tepat pada waktunya. Dan juga semangat untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” ungkapnya.

    Jampel meyakini materi yang disampaikan Aqua Dwipayana bisa meningkatkan kualitas dan kebahagiaan pada diri mahasiswa baru dan keluarga untuk menjadi generasi yang unggul dan berkarakter untuk indonesia maju.|NP|

    Berita Terpopuler

    Tiga Ribu lebih Kasus Demam Berdarah, Tujuh Pasien Meninggal Dunia

    Singaraja, koranbuleleng.com| kasus Demam Berdarah (DB) di Kabupaten Buleleng mengalami lonjakan tajam. Hingga Bulan September tahun 2020 ini, sudah tercatat tiga ribu...

    Tim Yustisi Jaring 603 Pelanggar Prokes Didominasi Anak Muda

    Kasat Pol PP Buleleng I Putu Artawan |FOTO : EDY NURDIANTORO| Singaraja, koranbuleleng.com | Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)...

    Cegah Klaster Penularan Corona, Camat Seririt Larang Tajen

    Camat Seririt, Nyoman Agus Tri Kartika Yuda (pakai topi) memimpin rapat pelarangan terhadap kegiatan tajen di seluruh wilayah di Seririt untuk...

    Kemensos Salurkan 1000 Ton lebih Bantuan Beras Bagi KPM PKH Buleleng

    Kadis Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra melakukan pemeriksaan beras yang akan disalurkan kepada 25.651 KPM PKH di Kabupaten Buleleng...

    Related articles