Sejumlah ASN Juarai Lomba Karya Tulis KORPRI

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyerahkan penghargaan bagi ASN yang menjuarai loma karya tulis KORPRI |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) menerima penghargaan sebagai pemenang karya tulis ASN dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke-49. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Selasa 8 Desember 2020.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu Bupati berpesan agar sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buleleng, Bali diminta untuk lebih inovatif melalui sebuah tulisan.

Status ASN, kata Agus, diperoleh melalui proses seleksi dan tahapan-tahapan yang cukup ketat sehingga terkumpul orang-orang terbaik, ASN yang inovatif dan memiliki daya pikir cukup baik pula.  “Jika ASN sudah menulis semua, saya rasa pikirannya sudah terukur dan inovatif. Kita hargai dan berikan penghargaan kepada mereka,” jelas Agus.

Ketika ASN mampu menulis dengan baik, hal tersebut menunjukkan bahwa pemikirannya terukur dan inovasi. Terukur artinya  dapat mengetahui konsiderannya dan memahami  juga materinya. Dengan inovasi bisa dicarikan jalan keluarnya atau mengakselerasi apa yang akan dilakukan dalam pengambilan keputusan.

“Hal tersebut membutuhkan alur dan pola berpikir yang konstruktif dan sudah tentu ketika rajin membaca maka semakin banyak konsideran dalam pola pikir kita,” ucap Agus Suradnyana.

Agus Suradnyana berharap Pemkab Buleleng melahirkan ASN yang mempunyai pemikiran yang bagus untuk menggerakan lembaga dengan lebih cepat. “Saya senang sekali dengan orang pintar dan saya acungi jempol, saya yakin para pemenang lomba ini menjadi tauladan kepada pegawai yang lain,” ujarnya.

Sejumlah ASN yang berhasil meraih juara dan masuk dalam tiga besar dari total sebanyak 25 peserta Lomba Karya Tulis tersebut yakni juara pertama diraih oleh staf Dinas PUTR Kabupaten Buleleng I Putu Gede Arya Arnawan dengan karya yang berjudul Penatakelolaan serta Integrasi Data dan Peta Jalan Kabupaten Buleleng dengan Aplikasi Peta Online Untuk Kemudahan Akses Informasi Publik.

Juara dua diraih oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Buleleng Gede Suharjono judul Aparatur Sipil Negara adalah Agen Pariwisata.  Dan juara ketiga diraih oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata dengan karya berjudul “Yuwana Asri (Strategi Kepemudaan Menangkan Bonus Demografi).

Salah satu peserta, I Putu Gede Arya Arnawan menerangkan bahwa inovasi yang dikembangkan dan tertuang dalam karya tulisnya adalah dalam rangka membuat konektivitas dan integrasi antara peta jalan Kabupaten Buleleng dengan aplikasi peta online seperti Google Map.

Aplikasi ini memudahkan ketika masyarakat di Gerokgak ingin mencari peta jalan Buleleng cukup dengan membuka link dan sudah mendapatkan peta jalan yang  ingin dicari.“Ide tersebut muncul mengingat Kabupaten Buleleng memiliki cakupan wilayah yang cukup luas dan harapannya dapat memperoleh informasi  peta jalan lebih mudah dan cepat sehingga ada efisiensi anggaran perjalanan untuk ke Dinas PUTR guna mencari data jalan tersebut,” singkatnya.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts