Angin Kencang dan Hujan Deras, Pohon Bertumbangan

Pohon tumbang di Dusun Konci, Desa Tiagwasa, Kecamatan Banjar |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pohon tumbang jenis asem merusak satu unit rumah milik warga Dusun Konci, Desa Tigawasa Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Minggu 28 Pebruari 2021 sekitar pukul 15.00 Wita. Kejadian ini juga menyebabkan akses jalan umum Desa Tigawasa menuju Desa Temukus terganggu.

- Advertisement -

Rumah milik Ni Putu Kareni rusak sebagian, dan diperkirakan kerugian hingga puluhan juta rupiah. Personil Polsek Banjar bersama Babinsa membantu warga membantu membersihkan pohon tumbang tersebut.  

“Sudah gotong royong untuk evakuasi. Pemilik rumah juga selamat. Akses jalan umum sudah bisa dilewati.” ujar Kapolsek Banjar, Kompol Made Agus Dwi Wirawan.

Sementara, Perbekel Desa Tigawasa, Made Suadarmayasa mengatakan pohon tumbang dipicu angin dan hujan deras. “Warga bersama petugas sudah gotong royong bersihkan pohon. Kami sudah mendata rumah milik warga yang terkena pohon tumbang,” ujarnya.

Di lokasi lain juga terjadi bencana pohon tumbang karena dipicu angin kencang dan hujan deras. Beberapa pohon yang tumbang terjadi pada Sabtu 27 Pebruari 2021 malam.

- Advertisement -

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, sabtu malam pohon tumbang terjadi di Banjar Dinas Buana Sari, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada. Sebuah pohon perindang jalan tumbang menimpa sebuah mobil milik Ketut Arcana ,warga setempat. Akibat kejadian itu, pemilik mobil mengalami kerugian materiil sekitar Rp20 juta.

Petugas melakukan pembersihan pohon yang tumbang di jalur Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada

Selain menimpa mobil, pohon tumbang tersebut juga menimpa satu kios non-permanen yang ada di dekatnya. Kerugian sekitar Rp2 juta.

“Tidak sampai mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka,” ujar Suadnyana, Minggu 28 februari 2021

Pada waktu yang sama, dua pohon tumbang juga terjadi di Jalan Raya Singaraja – Denpasar KM 16-17 di wilayah Desa Gitgit dan KM 22-23 di wilayah Desa Pancasari. Pohon tumbang yang terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 Wita ini sempat membuat arus lalu lintas tersendat.

Setelah sekitar 2 jam penanganan oleh peugas BPBD, TNI dan Polri serta masyarakat, material pohon yang tumbang berhasil dibersihkan.

“Arus lalu lintas kembali lancar pukul 23.30 Wita” lanjutnya

Di Kecamatan Buleleng, musibah pohon tumbang terjadi di wilayah perumahan Griya Adi, Kelurahan Banyuning. Sebuah mobil yang sedang terparkir dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa batang pohon yang tumbang.

Seluruh pohon yang tumbang telah dibersihkan secara gotong royong. Sebanyak 15 orang dari  tim TRC-BPBD yang dikerahkan untuk penanganan.  “Di masing-masing titik, kami mengerahkan 3 hingga 5 personel untuk membersihkan material pohon tumbang,” pungkasnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts