PMB STAHN Sasar Lima Kabupaten di Bali, Siapkan Ratusan Beasiswa PIPK dan PPA

Kampus STAH Negeri Mpu Kuturan, Singaraja |FOTO : I Putu Nova A.Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com| Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja hingga kini masih berjalan. Bahkan sosialisasi sudah dilakukan dengan menyasar lima Kabupaten di Bali.

- Advertisement -

Lima Kabupaten yang menjadi sasaran sosialisasi tersebut masing-masing Kabupaten Buleleng, Tabanan, Jembrana, Bangli, dan Kabupaten Karangasem. Sosialisasi dilakukan dengan mengunjungi sekolah termasuk mengunjungi Desa-Desa.

Pendaftaran Mahasiswa Baru STAHN Mpu Kuturan, Singaraja |FOTO : Istimewa|

Khusus untuk di Sekolah, dengan difasilitasi pihak sekolah, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAHN Mpu Kuturan kemudian memberikan penjelasan melalui WA grup siswa. Selain itu, pihak Panitia PMB juga melakukan sosialisasi melalui zoom meeting. Sementara untuk ke desa-desa yang ada di Lima Kabupaten, Panitia menyampaikan informasi kepada Aparat Desa. Nantinya, aparat lah yang akan menyebarkan informasi kepada masyarakat setempat.

Sekretaris Panitia PMB STAHN Mpu Kuturan Singaraja Ni Rai Vivien Pitriani, M.Pd.H menjelaskan, untuk PMB gelombang pertama, jumlah yang sudah melakukan pendaftaran sebanyak 482 orang. Pelaksanaan PMB masih akan berlangsung dalam tiga gelombang sampai dengan Bulan Agustus 2021 mendatang.

“Untuk tahun ini memang masyarakat lebih antusias untuk mendaftar. Karena memang melihat biaya kuliah yang terjangkau, dan didukung oleh Dosen-Dosen muda, mereka banyak yang berminat. Palagi STAHN Mpu Kuturan SIngaraja memang Kampus Negeri,” jelasnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A mengatakan, proses penerimaan mahasiswa terus berjalan. Walaupun dalam situasi pandemi, namun proses promosi dilaksanakan dengan memaksimalkan media sosial.

Dengan melakukan promosi melalui media social, penerimaan mahasiswa baru bisa dimaksimalkan tidak hanya berasal dari Bali semata. Namun juga dari Umat Hindu di seluruh pelosok Nusantara. Pihaknya pun mengajak agar generasi muda Hindu memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu di kampus Hindu Negeri satu-satunya di Bali Utara ini.

Terlebih selain harga SPP yang terjangkau, Mahasiswa juga nantinya bisa mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar Kuliah (PIPK) atau Bidikmisi sebesar Rp13,2 juta per tahun, dan juga beasiswa PPA sebesar Rp2,5 Juta per tahun.

“Kita memiliki dosen-dosen muda yang memang progres dan konsen pada bidangnya, generasi milenial yang siap akan mengembangkan generasi emas yang akan bergabung dengan STAHN Mpu Kuturan,” ujar Suwindia.

Tidak hanya didukung oleh SDM yang berkualitas, kampus yang berlokasi di Jalan pulau Menjangan Nomor 27 Banyuning dan di Jalan Kresna Singaraja ini juga akan memiliki fasilitas kampus yang akan memudahkan calon mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran.

Menariknya, dalam waktu dekat, pembangunan asrama putri yang merupakan hibah dari Kementerian PUPR segera akan dilakukan. Bahkan, jika tidak ada aral melintang, asrama yang posisinya persis di belakang Gedung Rektorat ini sedianya tuntas dikerjakan pada Oktober 2021 mendatang.

“Jadi bagi adik-adik yang akan melamar setelah diterima bisa menikmati asrama yang dibangun. Selain itu ada juga penjaringan minat dan bakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sehingga akan semakin menikmati menjadi mahasiswa,” pungkas Suwindia.

Untuk diketahui, STAHN Mpu Kuturan Singaraja memiliki empat jurusan dan sembilan program studi jenjang S1, serta satu Magister Pascasarjana. Untuk Jurusan Dharma Acarya membidangi Prodi PGSD, PG PAUD, Pendidikan Agama Hindu dan Sastra Agama Pendidikan Bahasa Bali (SAPBB).

Kemudian untuk Jurusan Dharma Duta membidangi Prodi Pariwisata Budaya dan Prodi Ilmu Komunikasi. Selanjutnya Jurusan Dharma Sastra membidangi Prodi Hukum Hindu dan terakhir untuk Jurusan Brahma Widya membidangi Prodi Teologi Hindu dan Filsafat Hindu. Khusus untuk jenjang Program pascasarjana dibuka Magister Pendidikan Agama Hindu, dan telah terakreditasi Amat Baik.

SPP per semesternya pun sangat terjangkau. Dimana untuk SPP Program S1 sebesar Rp 600 ribu. Kemudian untuk Magister S2 SPP per semesternya Rp 2,5 juta. |ADV/R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts