Pernah Dapat Perbaikan Darurat, Ruas Jalan di Sekumpul Kembali Jebol

Material longsoran ruas jalan di Desa Sekumpul yang tergerus air |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Ruas Jalan di desa Sekumpul Kecamatan Sawan, Buleleng, menghubungkan Desa Galungan dan Desa Lemukih kembali jebol diguyur hujan deras, Jumat 26 maret 2021 sekitar pukul 13.00 wita.

- Advertisement -

Jalan tersebut sempat diperbaiki secara darurat agar warga bis amelintasi dan menggiatkan aktivitas sehari-hari. Perbaikannya menutup jalan yang jebol itu dengan tumpukan karung berisi pasir dan ditutup terpal.  Hal tersebut dilakukan  sembari menunggu perbaikan permanen dan menunggu proses Tender perbaikan. Jalan ini digunakan sebagai akses utama warga sekitar dan merupakan jalur perekonomian dari tiga desa.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan penahan jalan darurat itu hanyut terbawa air yang mengalir deras dari saluran drainase sehingga jebol. Saat ini, kendaraan roda empat tidak bisa melintas. Sedangkan, kendaraan roda dua masih bisa melintasi jalur tersebut, namun harus sangat hati-hati dengan memperhatikan situasi dan kondisi jalan.

Jalan di Desa Sekumpul sempat mendapatkan penanganan darurat namun kembali longsor akibat air hujan

“Sudah dipasang tanda peringatan, untuk roda empat terpaksa harus mencari jalur baru alternatif,” kata Ariadi

Ariadi Pribadi berharap, agar proses tender perbaikan jalan tersebut bisa selesai pada sekitar bulan April nanti, sehingga perbaikan jalan itu bisa secepatnya dilakukan.

- Advertisement -

Sementara itu,  Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bersama BPBD, Camat Sawan, Perbekel Sekumpul dan Masyarakat setempat akan kembali gotong royong untuk memperbaiki dengan alternatif lain namun disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Karena ini masih masih proses pengumuman tender,  kita memperbaiki dengan alternatif lain dulu” ujarnya.

Perlu diketahui,  Dinas PUTR Buleleng sebelumnya telah menganggarankan sebesar Rp.625 juta untuk perbaikan jalan tersebut. Bahkan direncanakan pada akhir April 2021 nanti sudah ditentukan pemenang tender yang akan menggarap paket perbaikan jalan di Desa Sekumpul.

Selain perbaikan, akan dilakukan juga penguatan pada ruas jalan tersebut. Ini dilakukan mengingat, ruas jalan di Desa Sekumpul ini kerap kali jebol pada saat hujan deras menguyur.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts