More

    Terombang-ambing di Laut, Selamat Setelah Ikat Diri Diatas Perahu

    Putu Tirta Yasa (masker merah-pakaian motif garis) nelayan asal Desa Kalibukbuk selamat dari maut dan disambut oleh aparat desa dan petugas dari TNI Polri. |FOTO : Edy Nurdiantoro|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Wajah tegang dari Putu Tirta Yasa masih terlihat, Rabu 7 April 2021 pagi. Nelayan yang biasa disapa Leong ini baru saja selamat dari maut di tengah lautan.

    Pria yang berumur 44 tahun ini mengalami kecelakaan laut saat memancing, perahunya terjungkil dihantam gelombang. Dia terombang-ambing ditengah lautan, berjuang agar tetap hidup dengan cara mengikat diri diatas pecahan perahu. Dia bertahan dan tidak bisa pulang.  Dia dilaporkan hilang Selasa 6 April 2021.

    Kini, Tirta sudah selamat dan kembali ke keluarganya. Dia ditemukan ditengah laut, Rabu 7 April 2021 di wilayah perairan Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

    Tirta Yasa menuturkan dia berangkat saat cuaca sedang bagus pada Selasa pagi, selang beberapa saat ia  pindah ke lokasi agak ke tengah namun cuaca semakin buruk. Saat itu lah,katir perahu patah dihantam ombak lalu terbalik.

    “Saya berusaha memulihkan kembali jukung tapi tidak bisa karena ombak setinggi sekitar 2 meter.   Kemudian saya naik ke atas jukung yang terbalik dan  badan diikat  di atas jukung,” ujar Tirta Yasa.

    Beruntung, Tirta Yasa sempat menyelamatkan GPS dan Handphone. Hanya saja, saat di tengah laut perangkat miliknya tidak menangkap satupun sinyal. Ia baru mendapat sinyal pada Rabu pagi sekitar pukul 04.00 Wita dan langsung menghubungi istrinya. Kemudian Istrinya meneruskan informasi itu ke kelompok nelayan Bhakti Samudera, Desa Kalibukbuk.

    “Di perahu memang ada peralatan safety hanya saja saat itu saya tidak sempat. “ lanjutnya

    Sementara itu, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Buleleng, Dudi Librana Marjaya mengatakan,  pihaknya mengerahkan 9 orang personel untuk membantu pencarian. 3 orang personil menuju lokasi area pencarian sekitar 06.15 Wita dari Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak.

    Sedangkan sisanya berkoordinasi dengan pihak keluarga dan unsur SAR terkait untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

    Pihaknya menerima informasi korban telah ditemukan dalam keadaan selamat di Perairan Air Sanih pada pukul 08.20 Wita oleh nelayan.

    “Korban sudah kami serahkan ke pihak keluarga dalam keadaan selamat dan sehat,” katanya

    Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada nelayan di Buleleng untuk menjaga keselamatan saat berlayar agar kejadian serupa tidak terulang.  |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles