Pemkab Buleleng Terima ADM dari Kemendagri

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menerima Kadisdukcapil Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni dan jajaran membahas rencana penempatan Anjungan Dukcapil Mandiri yang diberikan oleh Kemendagri |FOTO : Istmewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, menerima  Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Mesin yang diberikan karena Disdukcapil berhasil raihan prestasi dan penghargaan yang diterima dalam bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Nantinya, ADM ini akan ditempatkan di Kantor Camat Gerokgak.

- Advertisement -

Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, ADM ini merupakan bentuk penghargaan karena Disdukcapil telah berprestasi dan memenuhi target dari Kemendagri RI. Alat ini berguna untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Seiring dengan dibukanya Pasar Banyuasri, awalnya ADM ini akan ditempatkan di sana. Namun, berdasarkan analisis dari tim, ada beberapa kendala yang menyebabkan mesin tersebut tidak bisa ditempatkan di Pasar Banyuasri.

“Tapi karena ada persoalan terhadap kabel fiber optic kemudian dengan jaringan internet yang belum cepat dan sumber daya manusia (SDM) belum lengkap, diputuskan yang pertama untuk dipindahkan ke Kantor Camat Gerokgak,” jelasnya.

Ada beberapa alasan kenapa ditempatkan di Kecamatan Gerokgak. Pertama, letak Kecamatan Gerokgak yang jauh dari pusat pemerintahan dan Kantor Disdukcapil Buleleng. Kemudian, Kantor Camat Gerokgak berdekatan dengan fasilitas umum seperti pasar. Sehingga, pelayanan masyarakat semakin cepat dan mudah. Dengan begitu, pelayanan kependudukan bisa berjalan lebih efisien dari segi waktu.

- Advertisement -

“Penyiapan data pendukung juga tidak harus bolak-balik terlalu jauh,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni mengatakan,  sebelumnya ada dua alternatif penempatan ADM ini yaitu di Kantor Bupati Buleleng dan Pasar Banyuasri.

Dari keputusan sementara di tempatkanlah di Pasar Banyuasri. Akan tetapi, setelah melakukan survei berulang kali, tempat dan sarana prasarana di Pasar Banyuasri masih belum mendukung penempatan mesin ADM.

Karena di Kantor Camat Gerokgak  secara SDM memenuhi maka dipilihlah Kantor camat Gerokgak. Setelah ditempatkan di sana, pihaknya akan sosialisasikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng. Khususnya di wilayah barat untuk bisa bertransaksi dengan ADM.

“Jadi tentunya sekali lagi karena Kecamatan Gerokgak sangat jauh dari pusat kota. Itulah kenapa kita menempatkan di Kantor Camat Gerokgak,” ujarnya. |ADV/ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts