Tugas Berat, Personil SatPol PP Non ASN Diikutkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk personil Satpol PP Kabupaten Buleleng |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 120 tenaga kontrak atau pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Buleleng sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.  Kepesertaan ini akan melindungi mereka dari musibah saat melaksanakan tugas.

- Advertisement -

Kasat Pol PP Putu Artawan mengatakan tugas personil Satpol PP juga rentan terhadap potensi kecelakaan karena intensitas tugas lapangan sangat tinggi.  Sehingga kepeserta sebagai anggota BPJS memberikan rasa percaya diri ketika para pegawai melaksanakan pekerjaannya.

“Kita tidak berharap terjadi apa-apa di dalam pekerjaan mereka. Hanya saja, dengan sudah terdaftar sebagai anggota, otomatis melindungi mereka” katanya

Pihaknya juga berharap hal yang positif seperti ini bisa terus berlanjut. Selain memberikan perlindungan, para pegawai juga bisa lebih optimal dalam bekerja untuk kepentingan masyarakat Buleleng

“Tentu saja harapan kami, kerja sama ini terus berlanjut. Karena ini juga sebagai pelindung bagi para pegawai” tutupnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Buleleng Herry Yudhistira mengatakan, saat ini seluruh pegawai non ASN di Buleleng sudah 100 persen terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.  

Hal  Ini sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dimana seluruh pegawai non ASN harus tercover jaminan sosial Ketenagakerjaan.  

Manfaat yang didapatkan dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yakni santunan kematian, beasiswa untuk anak dari pegawai yang meninggal hingga beasiswa ditanggung sampai sarjana.

“Jadi, ketika terdaftar sebagai peserta, jaminan tersebut menjadi hak mereka. Karena ini juga akan melindungi mereka ketika berangkat kerja dari rumah sampai pulang ke rumah,” katanya.

Herry juga meminta agar setiap pimpinan dari para pegawai non ASN selalu berkomonikasi secara intensif dalam mengurus kepesertaan dan manfaat kepesertaan BPJS TK.

“Kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di Buleleng. Jadi ketika ada musibah penanganan bisa cepat dilakukan. Kami berharap agar selalu berkoordinasi dengan kami” pungkas Herry.|ADV|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts