Dinsos Kubur Temuan Tulang Belulang

Penguburan tulang belulang |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com |  Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buleleng menguburkan jasad yang sudah jadi tulang belulang di Setra Desa Adat Buleleng, Selasa 1 Juni 2021. Tulang belulang tersebut sebelumnya ditemukan di desa Penglatan beberapa hari lalu.

- Advertisement -

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra mengatakan, penguburan dilakukan setelah melaksanakan koordinasi bersama pihak kepolisian dan tim medis.  Mengingat tulang belulang yang ditemukan tanpa identitas dan merupakan salah satu tupoksi dari Dinas Sosial.

Kedepan jika mayat-mayat yang telah dikuburkan di Setra Pakraman Buleleng sudah dipastikan tidak beresiko berdampak dengan hukum.

“Dinas Sosial punya kewenangan untuk mengbuburkan jenasah tanpa identitas dan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian terlebih dahulu,” ujar Kariaman.

Pihaknya berharap, sinergitas dan koordinasi semua pihak bisa tetap terjaga, sehingga penanganan-penemuan mayat tanpa identitas bisa diatasi bersama.

- Advertisement -

Diinformasikan  tulang belulang  ini ditemukan di saluran got sebelah Setra Dalem Purwa Desa Adat Pengelatan, Minggu 26 Mei 2021 sekitar pukul 11.00 wita.  Tulang belulang yang terbungkus kain putih ini ditemukan pertama kali oleh warga setempat ketika membersihkan saluran got.  Di lokasi yang sama juga ditemukan  satu bantal kecil,  dua lembar kain putih, serta uang mainan.

Meski lokasi temuan di dekat kuburan, Klian Banjar Kelodan Desa Penglatan, Komang Muliada menyebut jika tulang tersebut bukan salah satu jenazah di kuburan setempat, pasalnya kuburan di setra setempat di gali dengan sangat dalam.   Selain itu, sampai saat ini pihaknya juga tidak menerima  laporan warga yang  kehilangan bayi. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts