More

    Warga Umeanyar Lepasliarkan Ratusan Tukik

    Ratusan Tukik dilepasliarkan ke laut |FOTO : edy Nurdiantoro|

    Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 760 ekor tukik dilepasliarkan di pantai di Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Buleleng, Kamis 19 agustus 2021.  Ratusan ekor tukik yang dilepas berusia satu bulan, merupakan hasil konservasi yang dilakukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Desa Umeanyar.

    Perbekel Desa Umeanyar, Putu Edy Mulyana mengatakan, pelepasan tukik sebanyak 760 ekor menyesuaikan dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Harapannya, ratusan tukik yang dilepas itu akan kembali ke pantai Desa Umeanyar untuk kembali bertelur.

    Lokasi penangkaran yang ada di desa tersebut masih sedikit padahal penyu semakin banyak yang bertelur. Pemerintah desa berupaya akan memindahkan lokasi penangkaran ke tempat yang lebih baik.

    “Awalnya dana desa yang semula akan kita gunakan untuk mendanai kegiatan penangkaran, namun karena pandemi banyak anggaran di refokusing. Untuk sementara ditunda hingga nanti keadaan membaik,”katanya.

    Sementara itu, Ketua Pokmaswas Desa Umeanyar, I Gede Riko Punista Sanjaya, menyampaikan, keberadaan penangkaran hewan yang dilindungi undang-undang ini juga menunjang kawasan objek wisata di pantai Desa Umeanyar. Konservasi penyu diharapkan menambah daya tarik wisata.

    Keberadaan kawasan konservasi penyu di pantai Desa Umeanyar berawal 2 tahun lalu, saat ditemukan 8 ekor tukik.  Rencana, 8 ekor tukik itu dibawa ke tempat penangkaran di Desa Pemuteran Gerokgak. Namun  tidak dilakukan setelah diminta untuk membuat penangkaran sendiri di pantai Umeanyar.

    “Kami pindahkan ke tempat penangkaran yang kami buat sederhana dengan bantuan Pemerintah Desa. Semua kami catat dari temuan telur hingga jumlah yang menetas,” ujar Gede Riko. |ET|

    Berita Terpopuler

    Related articles