Kebutuhan Darah di Buleleng 35 Kantong Sehari

Singaraja, koranbuleleng.com | Kebutuhan kantong darah di kabupaten Buleleng dalam sehari mencapai angka 30 hingga 35 kantong. Saat ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng baru mengumpulkan kantong darah 9.000 kantong, masih jauh dari target yakni 12.000 kantong pertahun.

Untuk menjaga stok atau ketersediaan darah, PMI Buleleng mengingatkan bagi yang membutuhkan darah diwajibkan keluarga pasien untuk mendonorkan darahnya sebagai donor pengganti.

- Advertisement -

“Hal ini kita lakukan dengan terpaksa,melihat ketersediaan darah sangat kurang. Kebutuhan per hari saja 30-35 kantong” ujar Kepala UDD PMI Kabupaten Buleleng dr. Rizani

Ketersediaan darah saat ini masih sangat kurang karena dipengaruhi pandemi COVID-19 yang berakibat pada terbatasnya pelaksanaan donor darah bahkan yang sudah terjadwal bisa ditunda. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan guna menjaga stok darah, selain melaksanakan donor sesuai dengan jadwal, pihaknya juga melaksanakan donor darah sistem jemput bola dengan Mobil Unit Donor Darah.

Pihaknya juga berharap kepada pendonor tetap untuk rutin melakukan donor darah sesuai jadwal di gedung UDD PMI Kabupaten Buleleng yang berlokasi di Jalan Yudistira Utara No. 2A Singaraja.  Gedung yang belum lama diresmikan ini dapat melayani masyarakat 24 jam. Sedangkan bagi pendonor dilayani sampai jam 6 sore setiap hari.  

“Sekarang dengan gedung baru ini, kami berharap masyarakat Buleleng dapat dengan senang hati berbagi, saling tolong untuk menyumbangkan darahnya,” harapnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts