Pemerintah Distribusikan Bibit Talas Jaga Ketahanan Pangan

Pendistribusian bibit daun talas |FOTO :Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Ribuan bibit talas diberikan ke beberapa desa Di kabupaten Buleleng. Pemberian bibit ini, sebagai solusi untuk mengatasi beberapa desa di Buleleng yang dikategorikan rentan rawan pangan.

- Advertisement -

Distribusi bibit tahap awal dilakukan di Desa Silangjana, Kecamatan Buleleng. Di desa ini diserahkan sebanyak 1.650 pohon bibit Talas kepada kelompok wanita tani (KWT) Sari Galih. Selain di Desa Silangjana, nantinya juga menyasar Desa Unggahan, Kecamatan Seririt, dan Desa Umajero, Kecamatan Busungbiu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKP) Buleleng, I Gede Putra Aryana mengatakan,  bantuan bibit Talas ini sebagai program pemerintah untuk mengatasi desa-desa yang dikategorikan mengalami rawan pangan. Di mana, desa yang masuk kategori ini berdasarkan tiga indikator ketahanan pangan meliputi aspek ketersediaan pangan, akses pangan dan aspek pemanfaatan pangan.

Dengan bantuan bibit Talas ini, kelompok masyarakat atau KWT di desa bersangkutan dapat mengembangkan budidaya ini. Dengan penanaman yang massif, bukan saja memenuhi kebutuhan pangan bagi kelompok masyarakat, namun produksinya bisa memenuhi kebutuhan pangan warga desa.

Dengan begitu, desa bersangkutan bisa keluar dari status sebagai prioritas dua desa rentan pangan.

- Advertisement -

“Program ini menumbuhkan produk pangan berbasis sumber daya lokal. Kedepan bisa meningkatkan diversifikasi pangan dan menambah pendapatan kelompok dari olahan Talas,” katanya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts