Sutjidra Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana

Wakil Bupati Buleleng, dr.Nyoman Sutjidra menyerahkan bantuan bagi korban bencana, Wayan Windra di Desa Kayu Putih Melaka |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG memberikan bantuan terhadap warga lansia yang terkena bencana angin,  Wayan Windra, Banjar Dinas Kayuputih, Desa Kayuputih, Kecamatan Sukasada hancur diterpa angin kencang, Selasa 12 Oktober 2021.

- Advertisement -

Rumah milik Windra rusak berat akibat terpaan angin kencang yang sempat melanda wilayah Desa Kayuputih, Kecamatan Sukasada, Kamis lalu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Diduga, hancurnya atap rumah milik kakek Windra tersebut, lantaran kondisi bangunan yang sudah tua. Wayan Windra juga merupakan lansia kurang mampu yang hanya tinggal bersama istrinya.

Selama ini, Wayan Windra bersama istrinya tinggal di sebidang tanah berukuran kurang dari 1 are di pinggiran tebing dengan bangunan yang kecil dan tidak layak huni. Dengan usia yang sudah terbilang renta, hidup sehari-harinya hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah. Sebelumnya, Windra bekerja sebagai buruh serabutan namun semenjak dirinya mengidap sakit sesak, dirinya tak lagi bekerja.

Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG meninjau ke lokasi bencana didampingi Perbekel Desa Kayuputih, Kecamatan Sukasada, Gede Gelgel Ariawan. Sutjidra membawa bantuan berupa sembako, terpal, matras, pakaian, selimut perlekapan MCK, dan beberapa alat rumah tangga.

“Setelah kami mendengar ada seorang warga yang terkena bencana, kami langsung meninjau ke lokasi untuk memberikan bantuan agar dapat meringankan beban dari warga yang terkena dampak bencana,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sutjidra juga memastikan warga tersebut mendapatkan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pemerintah.

“Beliau bisa dibilang lansia terlantar karena hanya tinggal berdua dengan istrinya. Saya minta agar pemerintah desa memastikan yang bersangkutan mendapatkan bantuan,” tegasnya.

Perbekel juga diminta untuk mengurus bantuan bedah rumah bagi korban karena dia layak mendapatkan bantuan bedah rumah.

“Kita masih cek dulu di Dinas terkait agar cepat direalisasikan untuk mereka mendapatkan rumah yang layak huni, sekarang kan ada program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU). Mudah-mudahan dengan program tersebut warga yang rumahnya masih tidak layak huni dapat mendapatkan bantuan tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Kayuputih Kecamatan Sukasada, Gede Gelgel Ariawan menjelaskan, Windra sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah. |ADV/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts