Ari Dwipayana Dorong Undiksha Berkontribusi Bangun Singaraja sebagai Kota Pendidikan

Singaraja, koranbuleleng.com | Dalam rangka pengembangan kelembagaan dan peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Pendidikan Ganesha menggandeng Koordinator Staf Kepresidenan RI, Dr. AAGN Ari Dwipayana, S.I.P., M.I.P., memberikan kuliah umum secara daring pada Senin, 15 November 2021.

Kuliah umum yang bertemakan Wujudkan Undiksha Sebagai Trend Setter dan International Reputable University, Dwipayana menekankan Undiksha untuk membangun ekosistem pendidikan dalam mewujudkan reputasi Kota Singaraja sebagai Kota Pendidikan, yang identik dengan kreatifitas dan inovasi.

- Advertisement -

Ari Dwipayana memaparkan bahwa dalam membangun ekosistem pendidikan, perlu ditunjang dengan berbagai infrastruktur, inovasi digital, perpustakaan, dan museum. Undiksha diibaratkan sebagai pohon besar yang memiliki reputasi menjulang tinggi dengan tetap mengakar ke bumi.

“Maknanya adalah Undiksha tidak hanya bereputasi tapi mampu mengakar yaitu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan masyarakat.” papar Ari Dwipayana.

Lebih lanjut, Ari Dwipayana menjelaskan Undiksha perlu memanajemen talenta mahasiswa, yaitu memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi-potensinya. Talenta ini tentunya akan mendongkrak reputasi perguruan tinggi.

Selain itu, untuk meningkatkan reputasi Undiksha, hal yang paling dasar dilakukan adalah membuat website Undiksha agar semakin bagus, mendukung karya tulis dan riset-riset dosen maupun mahasiswa, menyelenggarakan seminar internasional, dan memperluas spektrum.

- Advertisement -

Ari Dwipayana juga sangat mengapresiasi nilai-nilai Tri Hita Karana yang dianut oleh Undiksha. Nilai-nilai dasar tersebut diharapkan bukan hanya sekadar slogan, namun juga mampu melekat dalam aktivitas di Undiksha. Untuk itu, pimpinan Undiksha perlu membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung nilai tersebut.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd sangat mendukung penyampaian dari koordinator staf khusus kepresidenan RI. Era revolusi industri dan juga adanya program Merdeka Belajar merupakan sebuah peluang. Untuk itu kreatifitas, inovasi, dan berpikir kritis perlu dikembangkan.

“Staf khusus kepresidenan kita berkeyakinan bahwa Undiksha akan tumbuh seperti pohon, dengan akar yang kuat yaitu falsafah Tri Hita Karana yang menjadi bingkai Undiksha dalam melakukan aktivitasnya.” Ujar Jampel. |SY|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts