Siaran TV di Bali Akan Segera Sepenuhnya Digital

Denpasar, koranbuleleng.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong jalannya program peralihan ke sistem siaran TV Digital atau simulcast di Provinsi Bali. Simulcast yaitu sistem penyiaran TV Digital tanpa mengakhiri siaran TV Analog. Simulcast jadi salah satu cara sosialisasi ke masyarakat secara langsung dan membiasakan masyarakat dengan TV digital yang bersih, jernih. Hal ini juga menjadi simulasi bagi lembaga penyiaran untuk makin siap menyambut siaran TV Digital. 

Bali terjadwal masuk tahap pertama sepenuhnya siaran TV digital dan penghentian siaran TV Analog. Penyiaran televisi di Bali akan sepenuhnya bersiaran secara digital pada 30 April 2022. Lebih dahulu ASO (Analog Switch Off) dari batas akhir penghentian siaran TV Analog, 2 November 2022. 
Tersedia lebih kurang enam bulan untuk mendorong kesiapan infrastruktur, lembaga penyiaran, dan masyarakat untuk masuk ke penyiaran TV Digital. Hari ini sudah ada siaran digital melalui empat penyelenggara multipleksing yang jangkauan siaran dan kualitasnya akan terus ditingkatkan bagi masyarakat Bali.

- Advertisement -

“ASO terkait dengan kesiapan empat pilar, yaitu infrastruktur, program siaran, ekosistem perangkat televisi digital dan sosialisasi kepada masyarakat. Kewajiban bersama,  terutama televisi-televisi analog, untuk mensosialisasikan kepada para pemirsa secara masif tentang peralihan ke TV Digital ini,” kata Direktur Penyiaran Direktorat PPI, Kominfo Geryantika Kurnia. 

Demi mendorong percepatan kesiapan, Geryantika menegaskan pentingnya killer content untuk ditayangkan di televisi digital. Bila acara-acara unggulan di televisi disiarkan di TV Digital, masyarakat dengan sendirinya terdorong pindah. “Harapannya masyarakat tidak harus menunggu jadwal terakhir ASO yaitu 30 April 2022 untuk berpindah ke TV Digital,” katanya. 

Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti juga kembali mengingatkan LPS untuk meningkatkan partisipasi dalam sosialisasi peralihan ke TV Digital. “LPS agar menyediakan slot waktu dua minggu sekali mengadakan acara sosialisasi TV digital,” demikian kata Niken dalam acara tersebut. Niken menekankan bahwa dukungan sosialisasi LPS sangat penting untuk meningkatkan kesiapan masyarakat di Bali. 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts