TPS3R Patas Bersih Bisa Dimanfaatkan untuk Edukasi Pengelolaan Sampah

Singaraja, koranbuleleng.com | Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Patas Bersih, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak resmi beroperasi untuk menanggulangi volumesampah di desa setempat.  Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST meresmikan TPS3R Jumat 24 Desember 2021.

TPS 3R Patas Bersih dapat dimanfaatkan se-optimal mungkin sebagai wujud komitmen masyarakat serta aparatur Desa Dinas maupun Desa Adat dalam mendukung program Pemerintah tentang pengelolaan sampah untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat dan bersih.

- Advertisement -

“Semoga TPS 3R ini mampu menjawab permasalahan persampahan di Desa Patas, bahwa semua proses 3R harus mampu dilakukan oleh kelompok pengelola dan secara terus- menerus   memberikan   edukasi   serta   sosialisasi kepada masyarakat dalam hal pengelolaan sampah berbasis sumber,” harap Bupati.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana telah menerbitkan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 1 tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Buleleng dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Bupati Buleleng Nomor 367 tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

“Kedua perangkat peraturan tersebut, bersama dengan perangkat aturan lainnya saya harap dapat disosialisasikan secara baik, dilaksanakan secara bersinergi dan berkelanjutan dengan konsisten oleh seluruh elemen masyarakat Buleleng, Pemerintah Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kecamatan, Desa Dinas, Desa Adat, komunitas peduli lingkungan serta pemangku kepentingan lainnya,” imbuhnya.

Pengeloaan TPS 3R juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan berperan aktif mengubah prilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, melakukan sosialisasi pengurangan sampah, dan bersama-sama menjaga  kebersihan lingkungan sekitar.

- Advertisement -

” TPS 3R ini harusmampu menghasilkan bahan-bahan daur ulang seperti pupuk kompos, maggot, eco enz yme yang dapat menjadi motor penggerak circular economy bagi pengelolanya,” pungkasnya.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts