Pemerintah Pasang Jaringan Internet Gratis di 215 Titik

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Provinsi Bali memberikan kuota pemasangan jaringan internet di Buleleng sebanyak 215 titik. Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng akan mengeksekusi pemasangan jaringan tersebut di tahun 2022.

Pemprov Bali mengalokasikan anggaran sebanyak Rp1,27 miliar. Rencananya, seluruh jaringan itu akan dipasang di desa adat, puskesmas, serta objek wisata di Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (KominfoSanti) Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, akses internet rencananya akan dipasang di 169 balai desa adat, 20 puskesmas, dan 26 objek wisata.

Sebelumnya, Kominfo Santi Buleleng mengusulkan tambahan titik pemasangan internet gratis untuk objek wisata, mengingat di Buleleng ada 32 objek wisata prioritas. Hanya saja usulan tersebut belum dapat dipenuhi karena keterbatasan anggaran.

“Nanti kita coba usulkan kembali. Mudah-mudahan bisa ditambah, menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” imbuhnya.

Saat ini pihaknya tengah fokus melakukan survey pemasangan internet gratis itu. Dari 215 titik yang tersedia, sebagian besar diantaranya terpaksa dilayani dengan layanan wireless. Sebab layanan fiber optic belum mampu ke pelosok-pelosok desa.

- Advertisement -

Selain itu, ada 2 titik lokasi layanan yang belum bisa ditembus akses internet. Masing-masing di Balai Desa Adat Pacung dan Balai Desa Adat Tajun. Pihak penyedia jasa belum menemukan operator internet yang bisa melayani internet dengan kecepatan yang standar yakni maksimal kecepatan 20 Mbps.

“Kami minta pada penyedia jasa agar diupayakan. Karena layanan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita,” pungkas Suwarmawan. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts