AMSI Sulawesi Tengah Gelar Pelatihan Literasi Berita Perangi Informasi Bohong

Palu, koranbuleleng.com |  Asosiasi Media Siber Indonesia AMSI Sulawesi Tengah menggelar pelatihan literasi berita untuk publik melawan Mis dan Disinformasi di , Kota Palu, 29-30 Oktober 2022.

Kegiatan yang dibuka langsung Pengurus AMSI Nasional yang diwakili Korwil AMSI Indonesia Timur Upi Asmaradhana , dikuti peserta dari berbagai kalangan mulai jurnalis muda, mahasiswa, Kehumasan dari berbagai Lembaga Swadaya/Organisasi, serta stake holder

- Advertisement -

Kordinator Wilayah (Korwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Indonesia Timur, Upi Asmaradhana  menyebut kegiatan Literasi Berita untuk Publik melawan Mis dan Disinformasi yang digelar AMSI diharapkan bisa memberikan keterampilan kepada peserta untuk melakukan edukasi, verifikasi dan mencari sumber informasi yang kredibel yang beredar di masyarakat.

“Jadi tujuannya kegiatan ini, bukan saja dari media, pemerintahan, tapi masyarakat umum juga ikut berperan memerangi Hoax yang bisa memecah bela masyarakat,” kata Upi Asmaradhana saat membuka Pelatihan Literasi Berita AMSI dan Google News Initiative di Palu Sulawesi Tengah, Sabtu 29 Oktober 2022. 

Kegiatan ini diisi dua pemateri bersertifikasi google, Muliarta dari BeritaBali dan Fritz V Wongkar dari Kabarmakassar members KGI Network. 

Upi berharap masyarakat khususnya peserta kegiatan agar kritis untuk menerima informasi dan memiliki pengetahuan tentang literasi media. Sehingga bisa membedakan informasi yang benar dan mana yang keliru.

- Advertisement -

“Kami juga berterima kasih kepada pengurus AMSI Sulawesi Tengah serta pemerintah dan seluruh pihak yang turut memberikan pemahaman kepada masyarakat,” imbuh Upi Asmaradhana.

Di tempat yang sama, Ketua AMSI Sulawesi Tengah Muhammad Ikbal mengatakan derasnya informasi dari berbagai medium membuat masyarakat kadang terkecoh dengan mis/disnformasi. 

“Karena itu AMSI menggelar kegiatan ini sebagai trigger agar masyarakat bisa semakin cakap dalam memilah informasi,” kata Ikbal.

Saat ini jumlah anggota AMSI di Indonesia tercatat 413 media  dari 24 pengurus wilayah. AMSI Sulteng termasuk di antara pengurus wilayah yang akan dilantik pada 11 Desember 2022. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts