Dinas Perhubungan Buleleng Pasang LPJU di 116 Titik Sepanjang Jalan Seririt Hingga Perbatasan Jembrana

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Kabupaten Buleleng, pada tahun ini memasang 116 titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) berbasis solar sel di sepanjang Jalan Raya Seririt- Gilimanuk, tepatnya sampai di perbatasan di wilayah Cekik.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, LPJU tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI. Saat ini proses pemasangan LPJU tersebut tengah berjalan dan dipastikan akan berfungsi pada akhir Desember 2022.

- Advertisement -

Solar sel dipilih, karena di jalur tersebut tidak ada sambungan listrik. Dengan penggunaan solar sel ini juga akan memacu efisiensi penggunaan listrik.

Kata Gunawan, selama ini jalur Seririt-Gilimanuk sangat minim lampu penerangan jalan. Disisi lain, jalur itu juga padat lalu lintas transportasi.

“Ini akan menambah kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas. Kita masih koordinasikan dengan kementerian, kalau dihibahkan kita yang akan lakukan pemeliharaan,” katanya ditemui Kamis, 8 Desember 2022.

Pada tahun 2023 mendatang, pihaknya juga akan mengusulkan pergantian dan pemasangan baru LPJU di jalur Desa Wanagiri. Dimana saat ini masih dibutuhkan, pemasangan 115 titik untuk menerangi jalan baru hingga ke Desa Wanagiri.

- Advertisement -

“Khususnya jalur Wanagiri karena agak rawan juga di sana. Dibutuhkan beberapa komponen lampu penerangan jalan,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts