Undiksha Segera Pilih Rektor Baru

Singaraja, koranbuleleng.com │ Senat Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah menetapkan jadwal pemilihan Rektor Undiksha periode 2023-2027 akan berlangsung pada 11 Januari 2022.

Calon rektor yang akan melalui proaea pemilihan tersebut adalah, Dr. I Wayan Artanayasa S.Pd.,M.Pd, mendapat nomor urut 1. Sementara Prof. Dr. I Wayan Lasmawan M.Pd, nomor urut 2. Dan terakhir dan Prof. Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes mendapat nomor urut undian 3.

- Advertisement -

Pemilihan akan dilakukan secara langsung oleh Senat Undiksha dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristekdikti) atau yang mewakili.

Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., mengatakan, tata tertib pemilihan telah dibahas oleh Senat dalam rapat khusus dan telah disetujui. Peraturan tersebut merupakan rincian lebih lanjut dari Peraturan Senat Undiksha Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor.

Pemilihan ini diharapkan berjalan lancar, aman, damai, dan selalu mengedepankan keharmonisan.

“Kondisi yang demikian merupakan kondisi yang menjadi prasyarat utama bagi keberlangsungan proses Pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha,” katanya.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., mengatakan jika saat ini telah mempersiapkan tahapan pemilihan. Termasuk surat suara.

Disinggung siapa yang akan hadir dari Kemdikbud Ristek untuk memberikan suara, dinyatakan belum ada kepastian. Namun, sebelum pemilihan, tiga calon rektor tersebut akan mengikuti wawancara yang dilaksanakan oleh Kemdikbud Ristek.

“Mungkin wawancara tentang bagaimana visi mereka dalam memajukan universitas. Oleh karena itu akan dilaksanakan wawancara oleh kementerian, tetapi jadwalnya belum ditentukan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, tiga calon rektor yang akan memperebutkan kursi Rektor Undiksha telah mengikuti tahapan penyaringan melalui pemungutan suara secara langsung dari Senat Undiksha. Hasilnya, Lasmawan memperoleh sebanyak 27 suara disusul oleh Sudiana sebanyak 6 suara, dan Artanayasa sebanyak 5 suara. Pada penyaringan ini, ketiganya mengawali dengan paparan visi misi dan program-program yang dinilai sebagai strategi untuk mewujudkan Undiksha semakin baik. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts