Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Permakanan

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 193 orang penyandang disabilitas di Buleleng, diberikan bantuan permakanan oleh Kementerian Sosial RI. Bantuan tambahan tersebut pun telah disalurkan sejak awal Januari 2023, oleh Dinas Sosial Buleleng.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Maman Wahyudi mengatakan, bantuan berupa peralatan memasak seperti kompor gas dengan dua tungku, gas elpiji tiga kilogram, sembako, kue, peralatan mandi hingga sarung. Pemberian bantuan permakanan tersebut pun disalurkan bergiliran ke desa-desa di sembilan kecamatan di Buleleng.

- Advertisement -

Bantuan diserahkan khusus untuk penyandang disabilitas dengan kategori sedang dan berat, serta tidak mampu dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dari verifikasi yang dilakukan Dinas Sosial, ada 193 penyandang disabilitas yang dapat menerima bantuan.

Maman menyebut, bantuan ini juga diberikan serangkaian peringatan Hari Kesetia Kawanan Nasional dan Hari Disabilitas Nasional yang di pusatkan di Bali. “Jadi hampir kabupaten atau kota di Bali, dapat bantuan permakanan ini dari Kemensos. Nilai bantuannya sekitar Rp 1 jutaan, tapi diserahkan dalam bentuk barang. Sembako yang diberikan juga ukup banyak,” ujarnya Jumat, 6 Januari 2023.

Saat ini, tercatat jumlah penyandang disabilitas di Buleleng sejatinya mencapai 6.000an orang. Namun dari jumlah itu, saat ini belum sepenuhnya mendapat bantuan dari pemerintah.

Kata Maman, dalam setahun hanya dapat memberikan batuan untuk seribuan lebih penyandang disabilitas. Bantuan yang diberikan berupa alat bantu, pelatihan keterampilan, hingga asistensi sosial penyandang disabilitas berupa uang Rp 1 juta per tahun. Selain itu, dari pemerintah pusat juga memberikan sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan.

- Advertisement -

“Memang bantuan untuk disabilitas belum semuanya dapat. Tapi kebanyakan dari mereka juga sudah dibantu oleh LKS atau pemerhati sosial,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts