Pemerintah Gencarkan Desinfektan Cegah Flu Burung

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pertanian Buleleng, kini tengah menggencarkan penyemprotan desinfektan kandang peternak ayam hingga pasar yang menjual ungags, untuk mengantisipasi virus flu burung atau H5N1. Selain itu, sosialisasi juga terus didorong agar masyarakat tetap menjaga kebersihan kendang ternak.

Kepala Dinas Pertanian Buleleng Made Sumiarta mengatakan, petugas sudah disebar melakukan penyemprotan desinfektan di kandang peternak. Penyemprotan desinfektan juga dilakukan di pasar yang menjual unggas.

- Advertisement -

Selain melakukan penyemprotan pihaknya pun menggencarkan untuk pemberian edukasi terhadap pedagang. Dimana para pedagang dan peternak juga diberikan cairan desinfektan untuk kesehatan kandangnya.

“Kita juga berikan desinfektan ke pedagang dan kelompok peternak ayam yang ada di desa. Pedagang di pasar kita edukasi jangan sampai virus ini merebak,” ujar Sumiarta, Jumat, 10 Maret 2023.

Sumiarta menyebut, saat ini kebanyakan ayam yang dijual di Buleleng datang dari wilayah Kabupaten Bangli dan Tabanan. Sehingga terkait hal itu, pihaknya pun telah memberikan edukasi ke pedagang untuk mengantisipasi virus yang datang dari luar. 

“Untuk distribusinya saat ini masih aman. Kita juga sudah antisipasi terkait dengan distribusi jalur lalu lintas peternak khususnya ayam baik dari Tabanan, atau luar Buleleng,” katanya.

- Advertisement -

Sumiarta menambahkan, untuk saat ini peternak ayam di Buleleng masih sedikit. Selain itu, peternak juga telah menerapkan keamanan yang ketat. “Buleleng saat ini masih sedikit peternaknya, juga telah menerapkan Biosecurty yang ketat. Semua juga kita perlakukan khusu, karena ini tugas dari pusat,” ucapnya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts