LPJU dan Internet Mati Saat Nyepi

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 16.230 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), dan 210 lampu Tenaga Surya (LTS) di Kabupaten Buleleng akan dipadamkan saat pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Saka 1945.  

Dinas Perhubungan (Dishub) Buleleng juga akan mematikan kan 15 Traffic Light dan 5 warning light baik yang berada di Jalan Nasional, Jalan provinsi dan Jalan Kabupaten. Selain itu, layanan telekomunikasi yang berbasis internet, siaran TV dan radio juga akan dimatikan.

- Advertisement -

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan AP mengatakan, pemadaman PJU dilakukan secara manual oleh Petugas Dishub Buleleng dengan berkeliling mulai dari hari Selasa 21 maret 2023 pukul 21.00 wita. Kemudian pemadaman kembali dilakukan setelah pengarakan ogoh-ogoh sampai dengan keesokan harinya, hingga pukul 06.30 wita.

Sementara untuk PJU tenaga surya, Dishub Buleleng sudah bersurat kepada Kementrian Perhubungan melalui BPTD Bali. Nantinya akan dipadamkan melalui aplikasi digitalisasi berbasis Wifi.

Personil Dishub Buleleng yang diterjunkan pemadaman PJU adalah sebanyak 25 orang. Mereka dibagi dalam tiga. Wilayah barat, tengah dan wilayah timur.

“Para petugas juga dibekali dengan surat tugas, dan rekomendasi dispensasi dari MDA Kabupaten Buleleng” ucap Gunawan

- Advertisement -

Disisi lain, Jaringan Internet dipastikan mati selama Hari Raya Nyepi. Jaringan layanan data seluler dimatikan pada pukul 6 pagi sampai dengan besoknya juga pukul 6 pagi selama hari raya nyepi.

Selain layanan telekomunikasi yang berbasis internet, siaran TV dan radio juga akan dimatikan. Hal itu telah dipastikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali.

Namun, sejumlah layanan internet tetap dihidupkan pada sejumlah sektor vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BPBD, Basarnas, hingga pemadam kebakaran akan tetap beroperasi. Layanan telepon, SMS, dan fiber optik juga tetap dapat digunakan selama Hari Raya Nyepi.

“Masyarakat Buleleng agar memanfaatkan momentum Hari Raya Nyepi ini sebagai waktu untuk rehat sejenak dengan menerapkan Catur Brata Penyepian” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan. ꟾETꟾ

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts