Bawaslu Lakukan Pengawasan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran

Singaraja, koranbuleleng.com ꟾ Bawaslu Buleleng awasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat kecamatan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan prosesnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana mengatakan, tahapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Tahun 2024 telah memasuki pelaksanaan rekapitulasi DPHP di tingkat kecamatan. Untuk itu Bawaslu Buleleng bersama Panwaslu Kecamatan lakukan pengawasan secara langsung.

- Advertisement -

Hal ini untuk memastikan seluruh warga yang memiliki hak pilih terdaftar dalam daftar pemilih. Bawaslu Buleleng pun melakukan pengawasan melekat. Pada setiap tahapan penyusunan daftar Pemilih yang dilakukan oleh KPU Buleleng bersama jajarannya.

“Kita sudah turun langsung mengawasi rekapitulasi di tingkat kecamatan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 2 April 2023” ujar Sugi Ardana.

Seperti diketahui, sesuai jadwal tahapan pelaksanaan Pleno DPHP tingkat kecamatan pada Sabtu 1 april dilaksanakan pleno di kecamatan Seririt, Tejakula, Sawan dan Kubutambahan. Sementara pada tanggal 2 April Bawaslu Buleleng mengawasi pelaksanaan pleno di Kecamatan Gerokgak, Sukasada, Buleleng, Busungbiu dan Banjar.

Sementara itu, Koordinator Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Bawaslu Buleleng Tri Prasetya mengatakan, dari hasil pengawasan, proses pleno telah berjalan sesuai ketentuan, dimana masing-masing kecamatan telah melakukan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran.

- Advertisement -

Dimana pada prosesnya dari data awal telah dilakukan pemutakhiran dengan menambahkan jumlah pemilih baru dan dikurangi pemilih yang tidak memenuhi syarat diantaranya karena pemilih tersebut telah meninggal dunia, atau menjadi anggota TNI/Polri berdasarkan hasil coklit oleh Pantarlih.

“Data ini akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten oleh KPU Buleleng setelahnya dari data DPHP ini akan menjadi DPS.” jelasnya

Dia menambahkan, meski pencoklitan sudah selesai dilakukan tidak menutup kemungkinan ada pemilih yang masih tercecer. Karenanya itu pihaknya berharap peran serta masyarakat dalam mengawal daftar pemilih tersebut.

“Tahapan Penyusunan daftar pemilih ini terus berlanjut tidak selesai setelah nanti jadi DPS. Kami telah membuka Posko Kawal hak pilih dan melakukan patroli demi mengawal dan memastikan semua warga nantinya terdata pada daftar pemilih.” tutupnya. |ETꟾ

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts