Undiksha Lantik Ribuan Guru Yang Telah Lulus PPG

Singaraja, koranbuleleng.com | Universitas Pendidikan Ganesha meluluskan dan melantik sebanyak 2.288 guru profesional yang telah menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2022.  Ribuan guru yang dilantik terdiri dari bidang studi PGSD, PPKN, Bahasa Bali, TKI, PGPAUD, PJOK, IPA, Matematika, Fisika, Bimbingan dan Konseling, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. 

Guru tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pelantikan dilaksanakan secara hybrid dan dilakukan langsung oleh Rektor Undiksha, Prof Dr I Nyoman Jampel MPd. Selain dilantik, para guru ini juga mengucapkan ikrar guru profesional. 

- Advertisement -

Program PPG yang digulirkan pemerintah adalah salah satu upaya untuk menghasilkan guru-guru yang profesional untuk selanjutnya dapat melahirkan Sumber Manusia (SDM) Unggul. 

Meskipun dinyatakan sudah menjadi guru profesional, para guru tersebut diminta untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Guru profesional juga tak boleh berhenti belajar. 

“Jadi bukan berarti setelah menjadi guru profesional mereka tidak belajar lagi. Harus terus ingat long life education, yaitu belajar sepanjang hayat,” ujar Jampel.

Sementara itu, Koordinator PPG Undiksha, Drs I Gede Nurjaya MPd menjelaskan para guru yang dilantik ini merupakan mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2022 yang telah menyelesaikan semua studinya.

- Advertisement -

Adapun, jumlah mahasiswa PPG tahun 2022 sebanyak 2.341 orang. Dari itu, yang berhasil lulus sebanyak 2.288 atau sebesar 97,74 persen.

Pelaksanaan PPG Undiksha diharapkan dapat lebih baik, baik dari segi komitmen dan dedikasi panitia, dosen, guru pamong, maupun pimpinan.

 “Nanti akan kami evaluasi lagi apa yang bisa kita lakukan sesuai dengan kondisi yang ada di tahun 2023 dan tahun 2022 itu kita jadikan sebagai pijakan untuk menyusun program-program,” katanya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts