Polisi Segera Panggil Pengurus Yayasan Yang Diduga Eksploitasi Anak

Singaraja, koranbuleleng.com| Penyidik Polres Buleleng dalam waktu dekat akan memanggil pihak Yayasan Sahabat Peduli Kasih untuk diperiksa. Pemeriksaan ini buntut laporan dugaan eksploitasi anak yang dilakukan yayasan penggiat sosial itu dalam kegiatan penggalangan donasi untuk anak kurang mampu di Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Kanit IV Unit PPA Polres Buleleng, Ipda I Ketut Yulio Saputra mengatakan, telah menerima berkas laporan kasus tersebut dari Polsek Sukasada. Namun, saat ini pemeriksaan belum dilakukan karena Hari Raya Galungan. Penyelidikan dilakukan oleh Unit PPA Polres Buleleng karena kasus tersebut menyangkut anak.

- Advertisement -

“Sudah kami terima pelimpahan berkasnya. Karena ada Hari Raya Galungan, besok baru mulai penyelidikan,” ujar Yulio, Kamis, 3 Agustus 2023 siang.

Yulio menyebut, untuk pemeriksaan tahap awal ini, yayasan yang menggalang donasi akan diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi. Selain itu, penyidik juga akan menggali keterangan pihak keluarga dari anak yang dijadikan objek penggalangan donasi tersebut. “Agendanya pemanggilan saksi dari keluarga, dari pihak yayasan, dari pihak bank,” katanya.

Nantinya, jika penyidikan yang dilakukan polisi tersebut sudah rampung. Penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status kasus. Untuk menentukan apakah kasus tersebut masuk dalam unsur pidana eksploitasi anak baru bisa diketahui setelah selesai dilakukan pemeriksaan saksi dan gelar perkara.

Diberitakan sebelumnya, sebuah yayasan penggiat sosial dilaporkan ke polisi, lantaran diduga melakukan tindakan eksploitasi anak. Oknum tersebut, diduga memposting sebuah video yang menampilkan seorang anak yang mengalami kesusahan untuk menggalang donasi.(*)

- Advertisement -

Pewarta : Kadek Yoga Sariada

Editor. : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts