Buleleng Siapkan Seniman Terbaik Untuk Tampil di PKB 2024

Singaraja,koranbuleleng.com| Dinas Kebudayaan Buleleng, mulai mempersiapkan seniman untuk mewakili Buleleng dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024. Sebanyak sembilan kelompok seni atau sekaa pun, telah disiapkan sebagai duta Gumi Denbukit.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng Nyoman Wisandika mengatakan, saat ini persiapan telah dilakukan. Sejumlah sekaa, mulai sekaa gong kebyar anak- anak, gong kebyar dewasa, gong kebyar wanita, gong legendaris, Baleganjur, parade budaya, parade budaya pakaian khas bali oleh PKK dan seni tradisi klasik telah mulai melakukan latihan.

- Advertisement -

Dinas Kebudayaan pun, telah melakukan penunjukan terhadap sekaa yang akan mewakili gumi denbukit. Untuk Gong kebyar anak-anak dari Sanggar Bayu Teja Budaya, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Gong Kebyar Wanita, dari Sanggar seni Jagratara,Banjar Tegallenga, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt dan Gong Kebyar Dewasa, Dharma Pradangga, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng.

“Gong kebyar tahun ini kita akan mebarung. Sementara untuk Parade gong kebyar dewasa dengan kabupaten lain akan mebarung dua,” ujarnya Minggu, 28 Januari 2024.

Wisandika menyebut, selain sejumlah penamlilan itu, pada PKB 2024 ini Buleleng, juga telah menunjuk sekaa tari Gambuh, Desa Anturan, Kecamatan Buleleng, yang merupakan keseninan klasik hampir punah. Sejak dulu kesenian ini cukup terkenal. Seluruh penari yang membawakan tarian gambuh merupakan  laki-laki. Sehingga hal itu menjadi daya tarik tersendiri dan mengundang gelak tawa.

“Provinsi beberapa waktu lalu sudah menunjuk seni tradisi klasik yang hampir punah, yakni Tari Gambuh milik sekaa Genta Iswara, Desa Anturan,” ujarnya.

- Advertisement -

Kata Winsandikan, nantinya Kabupaten Buleleng juga mengirim dua kesenian joged bumbung. Dua sekaa joged itu yakni, Wahyu Ulangun dari Desa Nagasepaha, kecamatan Buleleng akan mebarung bersama Sekaa Joged Mangun Semara, Desa Selat, Kecamatan Sukasada.

Anggaran yang dibutuhkan untuk PKB tahun ini pun diestimasikan mencapai Rp575 juta. Dimana bersumber dari BKK Provinsi Bali dan APBD Kabupaten Buleleng. “Tentunya kami berharap persiapan maksimal, sehingga penampilan seluruh duta Kabupaten Buleleng dapat lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata dia. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts