Dirjen Perhubungan Laut Kerahkan Tiga Kapal Angkut Pemudik Menuju Raas

Singaraja, koranbuleleng.com| Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengerahkan tiga kapal untuk program mudik gratis. Kapal tersebut akan membawa pemudik dari Pelabuhan Celukan Bawang di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, menuju Pulau Raas, Jawa Timur, Kamis, 4 April 2024 pagi.

Tiga kapal yang digunakan tersebut bernama lambung KN Nusa Penida, KN Chundamani P.116 dan KN Mizan. Kapal tersebut telah pun telah berangkat, dengan mengangkut ratusan pemudik dari Pelabuhan Celukan Bawan.

Kapal Chundamani yang mengangku pemudik dari Pelabuhan Celukan Bawang menuju Pulau Raas |FOTO : Kadek Yoga Sariada|
- Advertisement -

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi mengatakan, tiga kapal yang digunakan untuk program gratis tersebut, merupakan jenis kapal cost guard yang berpangkalan di Surabaya. Ketiga kapal tersebut, kemudian dikerahkan ke Pelabuhan Celukan Bawang untuk membantu mengangkut pemudik. Dimana mudik gratis bersama merupakan program Kementerian Perhubungan.

“Ada tiga kapal yang dikerahkan, satu kapal dari pangkalan dan dua dari navigasi, kami berharap pemudik bisa terangkut semua” kata dia.

Kenedi menyebut, setiap kapalnya memiliki daya tampung sebanyak 270 penumpang. Namun jika diperlukan akan ditambah jadwalnya. Selain itu, tiga kapal disebut bukan untuk penumpang namun untuk patroli dan kapal perawatan alat navigasi. Kapal itu dikerahkan untuk membantu lonjakan para pemudik. 

“Secara nasional akan ada arus mudik sekitar 150 juta orang bergerak pulang ke daerah asalnya masing-masing. Karena itu kami siapkan untuk memfasilitasi pemudik pulang,” kata dia.

- Advertisement -

Sementara itu KSOP Kelas IV Celukan Bawang I Gusti Agung Komang Arbawa, menyampaikan Pelabuhan Celukan Bawang sudah siap menjadi pelabuhan yang melayani angkutan mudik jalur laut.

“Kami antisipasi jika ada lonjakan penumpang. Pelabuhan Celukan Bawang siap melayani angkutan pemudik ke pulau-pulau di Madura terutama ke Raas,” ucapnya. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts