Polres Buleleng sediakan Bus Gratis bagi Pemudik Menuju Surabaya

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 60 orang pemudik mendapat fasilitas angkutan umum gratis menuju Surabaya, Jawa Timur, dari Polres Buleleng, Jumat, 5 April 2024.

Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, Polres Buleleng menyediakan dua armada bus. Rute yang ditempuh mulai dari Buleleng, Pelabuhan Gilimanuk, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, hingga turun di Surabaya.

- Advertisement -

Widwan menyebut, program mudik ini ditujukan bagi warga yang perekonomiannya kurang mampu. Sebelum diberangkatkan, petugas dari Dinas Perhubungan melakukan inspeksi keselamatan kendaraan atau ramp chek. Pengecekan dilakukan, untuk memastikan kendaraang yang digunakan laikyak digunakan.

“Kita juga lakukan uji kelayakan armada yang digunakan, disamping kita juga melakukan tes urine terhadap sopir dan kondektur bus,” ujar Widwan.

Widwan menambahkan, selain mudik gratis bagi warga muslim, Polres Buleleng juga menyediakan kendaraan untuk Umat Hindu yang akan melakukan persembahyangan pada piodalan Bhatara Turun Kabeh ke Pura Besakih. “Kalau masyarakat Buleleng ada yang mau nangkil, bisa hubungi saya. Akan disiapkan kendaraan juga BBM-nya full,” kata dia.

Sementara, salah satu pemudik Muhammad Abdur mengatakan, merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Dia mengaku, pada Lebaran sebelum-sebelumnya selalu pulang ke kampung halamanya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Biasanya sekali pulang, perorangnya disebut menelan biaya Rp250 ribu.

- Advertisement -

“Sebelum ada mudik gratis ini, saya lewat darat biasa naik bus juga. Dari sini sampai Gilimanuk. Langsung ke Surabaya 250 ribu. Dengan mudik gratis ini sangat membantu. Saya ikut dengan istri dan anak dua,” ujarnya.

Dia berharap, program yang sama juga diberikan waktu arus balik. Personel Polres Buleleng bisa menjemput, para pemudik gratis ini di Pelabuhan. (*)

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts