Lomba Rumah Kreatif, Bersih dan Sehat Rubah Rumah Kumuh dan Gersang

Kadis Disperkimta Ni Nyoman Surattini |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng menggelar lomba Rumah Kreatif, Bersih dan Sehat (KBS) yang diikuti oleh pejabat dan pegawai kantor setempat untuk merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia.

- Advertisement -

Lomba digelar untuk merubah lingkungan rumah  yang kumuh dan gersang menjadi tempat yang bersih, nyaman dan indah untuk dihuni. Kepala Disperkimta Buleleng Ni Nyoman Surattini, ST menjelaskan lomba rumah KBS ini diikuti 40 Pegawai yang ada di Dinas Perkimta Buleleng. Peserta terbagi dalam tiga kategori yakni kategori staf, kategori pejabat dan kategori eksebisi.

”Dari semua kategori akan ada sembilan peserta yang terbaik. Ke sembilan peserta ini akan diunggah di media sosial (medsos) untuk mencari juara favorit,” kata Surattini di ruangkerjanya, Kamis 13 Agustus 2020.   

Dari lomba seperti ini, kondisi lingkungan rumah dari staf bisa diketahui tentang kesehatan lingkungan, kelayakan huni dan juga mengetahui kreativitas dan inovasi terhadap rumah sendiri.  

Jadi kriteria penilaian meliputi kebersihan kawasan rumah, keasrian tanaman dan pohon perindang yang ada di kawasan rumah. Bebas dari sampah, bebas dari tanaman liar dan inovasi masa pandemi COVID 19. ”Disini yang menjadi penilaian bukannya kemewahan akan tetapi penilaian tertinggi adalah kreativitas atau inovasi dalam memanfaatkan sampah ataupun barang bekas.” terang Surattini.

- Advertisement -

Sebagai lembaga pemerintah, Surattini menjelaskan Disperkimta memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) penataan perumahan dan juga Ruang Terbuka Hijau ( RTH) yang ada di Buleleng. Dari tupoksi tersebut, pihaknya berusaha memadankan menjadi Program Lomba Rumah KBS.  

“Dengan adanya penilaian rumah KBS, ke depan akan memotivasi rumah lainnya untuk menciptakan pola hidup dan lingkungan yang kreatif, bersih dan sehat,” tutup Surattini. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts