Senderan Jembatan Di Unggahan Amblas

Singaraja| Senderan Jembatan di Desa Unggahan Kecamatan Seririt amblas padahal Proyek senilai Rp 1,44 miliar tersebut baru selesai dikerjakan Bulan Desember tahun 2015 lalu.

Senderan yang jebol diperkirakan mencapai 20 meter, di bagian barat. Material senderan masih terlihat berserakan di lahan milik warga setempat. Retakan-retakan akibat senderan yang jebol juga terlihat pada jalan. Dikhawatirkan senderan di sebelah timur akan ikut jebol. Akibatnya separo badan jalan kini tak bisa dilalui kendaraan. Hanya mobil pribadi dan sepeda motor saja yang bisa melintas di jembatan tersebut.

- Advertisement -

Perbekel Unggahan I Ketut Nasa mengaku sudah melaporkan kerusakan senderan jembatan itu kepada Dinas Pekerjaan Umum Buleleng. Nasa mengatakan Jembatan Unggahan itu baru saja diganti Dinas Pekerjaan Umum Buleleng pada tahun anggaran 2015 lalu.

“Jembatannya baru dikerjakan tahun lalu dan sekarang masih masa pemeliharaan. Baru jalan satu bulan masa pemeliharaannya. Masih kurang lagi lima bulan. Kami sudah koordinasi ke PU, nanti yang bertanggungjawab memperbaiki pihak kontraktor. Karena ini masih masa pemeliharaan,” kata Nasa.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Buleleng Nyoman Gede Suryawan menjelaskan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke Lokasi. Dugaan sementara, amblasnya senderan jembatan itu akibat pemadatan material yang belum sempurna.

“kami sudah cek ke lapangan dan memang amblas. Sementara kita duga itu akibat pemadatannya yang kurang bagus, jadi ketika air yang membasahi material campuran, membuat struktur pondasi menjadi labil, “Jelasnya.

- Advertisement -

Kadis PU Nyoman Gede Suryawan menduga ada kelalaian dalam pengerjaan ini. Karena kontraktor yang mengerjakan proyek kena denda akibat keterlambatan dalam menyelesaikan pengerjaan Jembatan tersebut. Pun demikian ia sudah meminta pihak kontraktor untuk menanggulangi kerusakan yang terjadi, mengingat saat ini jembatan itu masih dalam masa pemeliharaan.

“Memang pihak kontraktor ini kena denda karena penyelesaian pengerjaan jembatan ini terlambat dari kontrak yang sudah ada,” pungkasnya. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts