Oi Gelar Beach Clean Up di Pantai Penimbangan

Singaraja| Para penggemar Musisi Iwan Fals yang tergabung dalam Badan Pengurus Kabupaten (BPK) Oi Buleleng melakukan aksi Beach Clean Up di Kawasan Pantai Penimbangan Singaraja, Sabtu (9/4).

Tidak hanya memungut sampah yang berserakan di pinggir pantai, namun Anggota Oi Buleleng dengan dibantu nelayan setempat juga mengambil sampah yang ada didasar laut sekitar. Hasilnya, banyak sampah yang ditemukan berserakan dan menyangkut di karang di dasar laut. Hanya saja, upaya pembersihan sampah di dasar laut itu belum maksimal dilakukan lantaran keterbatasan alat yang digunakan.

- Advertisement -

Ketua BPK Oi Kabupaten Buleleng Komang Andi Wirawan disela sela kegiatan menjelaskan, kegiatan bersih bersih sampah di pantai ini merupakan program kerja rutin oleh Oi Buleleng. Karena Organisasi Kemasyarakatan ormas Oi ini memang dibentuk, salah satunya untuk bergerak dalam bidang lingkungan.

“Ini memang komitmen kami dan merupakan program kerja dari Oi di bidang lingkungan dengan melakukan bersih bersih sampah. Dan tentunya kegiatan seperti ini akan dilakukan secara berkesinambungan, untuk menjaga Buleleng bersih dari sampah,” Jelasnya.

Terkait dengan penanganan persoalan sampah di Kabupaten Buleleng, BPK OI Buleleng berharap agar Pemerintah Kabupaten Buleleng bisa lebih tegas dalam menerapkan peraturan yang sudah ada. Sehingga nantinya akan memberikan efek jera bagi para pelanggar.

“Pemkab kan sudah menerbitkan Perda no 1 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah, yang saya tahu dalam setuap aturan pasti ada sanksi yang mengatur didalamnya. Saya berharap perda itu bias diterapkan secara maksimal termasuk memberlakukan sanksi, sehingga ada efek jera bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” Imbuh pria yang akrab disapa Andik ini.

- Advertisement -

Disisi lain, aksi bersih bersih sampah yang dilakukan di Pantai penimbangan Singaraja ini juga dirangkaian untuk merayakan hari Ulang Tahun BP Kel Oi Singaraya yang pertama. Selain melakukan aksi pembersihan, digelar juga kegiatan diskusi yag dikemas dalam “parlemen jalanan” dengan tema Negeriku Ngeriku. |RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts