Kelayakan Bus Lintas Propinsi Dicek

Singaraja, koranbuleleng.com, Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng, mengecek kelayakan kendaraan bus dengan trayek lintas propinsi guna menjamin keselamatan penumpang yang melaksanakan mudik dari Terminal Banyuasri menuju sejumlah kota di Pulau Jawa, Minggu 3 Juli 2016.

Pemeriksaan dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta Kepolisian dalam hal penanganan lalu lintas. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan AP yang langsung memimpin pemeriksaan kelayakan armada.

- Advertisement -

Dia menegaskan pemeriksaan dilakukan mulai dari dokumen kendaraan, serta kelayakan armada dan sejenisnya. Seluruh kendaraan yang digunakan sebagai angkutan mudik harus memenuhi standar kelayakan. Pengecekan dilakukan pada semua armada tanpa terkecuali, meski masa uji kir-nya masih berlaku.

“Semua dicek kelayakan, baik dari lampu, reting, rem, termasuk awak armada, sehingga penumpang yang akan mudik merasa nyaman dan aman saat dalam perjalanan,” ujar Gunawan usai pengecekan.

Seluruh awak bus juga menjalani tes kesehatan untuk memastikan bahwa seluruh awak aramda juga dalam kondisi yang sehat. Sejumlah awak bus juga tidak keberatan menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Selain dicek kesehatan, kami memang jaga kondisi sebelum berangkat ditambah juga suplemen vitamin,” ungkap salah satu sopir bus, Komang Wardana.

- Advertisement -

Jumlah Penumpang Meningkat

Disisi lain, memasuki H-3 lebaran Dinas Perhubungan menambah jumlah armada, dari ddua aarmada menjadi tiga armada setiap hari. Ini dilakukan karena terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan.

“Dari kemarin ada penambahan armada satu unit yang berkapasitas masing-masing 32 orang penumpang. Mungkin sampai besok masih ramai,” terang Gunawan yang juga mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Buleleng. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts